Dark/Light Mode

Warga Asing di China Daratan, Kini Mulai Terjangkit New Coronavirus

Rabu, 29 Januari 2020 21:01 WIB
Warga Asing di China Daratan, Kini Mulai Terjangkit New Coronavirus

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak pertama kali tercetus pada akhir Desember 2019, new coronavirus alias virus Korona jenis baru alias virus Wuhan telah menginfeksi 6.061 warga China daratan, dengan 132 kasus kematian. Seluruh korban virus tersebut adalah warga China.

Namun pada hari ini, Rabu (29/1), otoritas Guangdong mengumumkan, dua warga Australia dan satu warga Pakistan yang tengah berada di wilayahnya telah terjangkit virus Wuhan.

"Tidak diketahui bagaimana mereka terjangkit virus. Yang jelas, ketiganya berada dalam kondisi stabil," ungkap Kepala Deputi Komisi Kesehatan Guangdong, Chen Zhusheng, seperti dilansir South China Morning Post, Rabu (29/1).

Baca juga : Bertambah Lagi, Korban Terinfeksi New Coronavirus di Malaysia

Chen tidak memberikan detil informasi mengenai dua warga Australia tersebut. Namun, satu korban asal Pakistan dipastikan berstatus mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Wuhan.

Dia tiba di Shenzen pada 21 Januari 2020, dan menjejakkan kaki di Guangzhou tiga hari kemudian. Setelahnya, mahasiswa tersebut demam.

"Kami sedang melakukan investigasi epidemiologis bersama kolega dari Wuhan, untuk meneliti dan menilai situasi. Kami tidak tahu, bagaimana ia bisa terinfeksi," kata Chen.

Baca juga : Cetak 132 Angka Kematian, Korban Virus Wuhan Terus Berjatuhan

Terpisah, Asisten Khusus Perdana Menteri Pakistan Bidang Kesehatan Zafar Mirza mengatakan, empat mahasiwa Pakistan telah terjangkit new coronavirus di China.

Menurutnya, mayoritas warga Pakistan di China berstatus sebagai mahasiswa. Dan lebih dari 500 orang mahasiswa tersebut, bermukim di Wuhan.

"Empat mahasiswa dilaporkan terjangkit new coronavirus. Saat ini, kondisi mereka baik," ujar Zafar Mirza, seperti dikutip surat kabar yang berbasis di Lahore, The Nation. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.