Dark/Light Mode

RSCM Kebanjiran, Beberapa Alat Medis Rusak

Minggu, 23 Februari 2020 16:28 WIB
Salah satu lorong di RSCM yang terendam banjir. (Foto:@aw3126)
Salah satu lorong di RSCM yang terendam banjir. (Foto:@aw3126)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir yang melanda Jakarta pagi tadi, Minggu (23/2) tak hanya menggenangi pemukiman di pinggir kali. Rumah Sakit Cipto Mangoenkoesoemo (RSCM) yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, ikut terendam.      

Dalam video yang disebar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo di akun twitter @aw3126, siang tadi, area banjir di RSCM cukup luas. Terlihat, lorong-lorong rumah sakit digenangi air.      

Baca juga : Chandra Asri dukung Penerapan Aspal Plastik di Semarang

Dalam keterangan pihak RSCM yang yang disebar Agus, banjir tersebut mulai terjadi pukul 5 pagi. Saat itu, terjadi genangan setinggi mata kaki atau sekitar 8 cm. Ruang radiologi dan radioterapi ikut kebanjiran.   

Sekitar pukul 8, banjir mulai surut. Petugas mulai membersihkan ruangan. Pihak RSCM memastikan, banjir tersebut tidak sampai menganggu layanan ke masyarakat.      

Baca juga : Sambangi Korban Banjir, Bamsoet Beri Bantuan dan Makan Bersama

Banjir tersebut menyebabkan beberapa alat medis mengalami kerusakan. "Beberapa peralatan kebanjiran sehingga rusak di #RSCM," tulis Agus.

Agus merinci, alat-alat yang sempat terendam banjir itu antara lain Stationary X-ray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary X-ray floor, Mobile X-ray, 2 unit CT scan, 1 unit ultra sound 'accuson' terendam, Seluruh PACS sistem di ruang baca, dan 1 unit MRI siemens terendam.

Baca juga : Baznas Beri Servis Motor Gratis

"Pendataan secara detil #banjir #DKIJakarta #RSCM sedang dilakukan. Akan diupdate jika sudah lengkap datanya," tutup Agus. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.