Dark/Light Mode

2 Spesimen Masih Diperiksa Lanjutan

67 dari 69 WNI ABK Kapal Diamond Princess Bebas Corona

Selasa, 3 Maret 2020 21:32 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 67 dari 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess, telah dinyatakan negatif virus Corona atau Covid-19. Sementara dua spesimen sisanya, masih dalam pemeriksaan lanjutan.

"Dari 69 spesimen, sudah ada 67 yang sudah jelas negatif," kata Juru Bicara Pemerintah soal Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (3/3).

"Dua spesimen masih akan kita periksa ulang," imbuh Yurianto, yang merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Proses Observasi Pekerja Kapal Diamond Princess Dan World Dream Dipisah

Sebelumnya, 69 WNI tersebut telah menjalani masa karantina 14 hari di kapal pesiar Diamond Princess, dan telah dinyatakan negatif Covid-19 melalui pemeriksaan PCR di Jepang.

Namun, otoritas kesehatan Indonesia akan kembali melakukan pemeriksaan ulang. Baik secara klinis, dan laboratorium.

Deteksi Covid-19 terhadap 69 WNI di Indonesia menggunakan dua metode berbeda, yaitu menggunakan PCR yang hanya membutuhkan waktu satu hari, dan juga metode genom sequencing yang memakan waktu tiga hari.

Baca juga : 69 WNI ABK Diamond Princess Turun Dari Pesawat Satu Per Satu

Dalam metode terakhir ini, pemeriksaan dilakukan lebih detail sampai struktur genetik.

Sebanyak 69 WNI ABK World Dream itu menjalani karantina di Pulau Sebaru. Sama dengan WNI yang dievakuasi dari kapal pesiar World Dream.

Hasil pemeriksaan spesimen terhadap 188 WNI ABK World Dream di Indonesia sudah dinyatakan selesai. Seluruhnya bebas Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.