Dark/Light Mode

Menlu: Tiga WNI Kru Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Corona

Selasa, 18 Februari 2020 16:53 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2). (Foto: Humas Kemenlu)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2). (Foto: Humas Kemenlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga dari 78 warga negara Indonesia ( WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess, di perairan Yokohama, positif terkena virus Corona atau Covid-19. Saat ini, total orang yang terinfeksi virus Corona di kapal tersebut, berjumlah 446 orang.

Hal ini diungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan, di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2).

Baca juga : 78 WNI Di Kapal Pesiar Tak Perlu Diobservasi Lagi

"Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif).

Dua dari tiga WNI yang positif Corona itu telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang. Satunya lagi, dalam proses menuju rumah sakit," ujar Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2).

Baca juga : 40 Warga AS Yang Positif Covid-19 di Kapal Pesiar Diamond Princess, Tak Ikut Dievakuasi

Pada Senin (17/2), Retno menyatakan, pemerintah membantu penyediaan logistik 78 WNI di kapal Diamond Princess yang dikarantina di perairan Yokohama, Jepang, menyusul adanya penumpang yang tertular virus Corona.

"Tim kami dari KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan 78 kru WNI tersebut. Bahkan, kita sempat mengirim beberapa keperluan logistik mereka," ujar Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2).

Baca juga : Warga AS Tolak Dievakuasi Dari Kapal Pesiar Princess

Pemerintah melalui KBRI Tokyo terus berkomunikasi dengan 78 WNI tersebut, mengingat masa karantina mereka akan berakhir pada 19 Februari besok. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.