Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Imbauan BNPB dan DMI

Cegah Virus Corona di Masjid dan Mushala, Umat Islam Diminta Bawa Sajadah Sendiri

Minggu, 8 Maret 2020 06:52 WIB
Flyer imbauan Dewan Masjid Indonesia (Foto; Dok. DMI)
Flyer imbauan Dewan Masjid Indonesia (Foto; Dok. DMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau umat Islam agar membawa sajadah atau alas untuk sujud lainnya secara mandiri, saat shalat di masjid, sebagaimana dianjurkan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Hal itu bertujuan untuk menghindari adanya potensi penularan Virus Corona (Covid-19), kuman, atau bakteri jahat lain yang dapat merugikan tubuh saat melakukan salat, terutama pada saat sujud.

Menurut Doni, ada potensi terjadi penularan dari tempat sujud umat Muslim ketika melakukan ibadah, khususnya di masjid di tempat-tempat umum. Oleh karena itu, Doni meminta agar umat Muslim selalu membawa perlengkapan shalat secara mandiri dan tidak perlu khawatir.

Baca juga : Dua WNI Kena Corona, Muhadjir Minta Masyarakat Tidak Panik

“Kita semua tahu, saat sujud mulut dan hidung kita bersentuhan dengan tempat sujud. Kalau ada orang kena penyakit, virusnya nempel. Satu jam kemudian ada yang salat di tempat yang sama, bisa menular,” kata Doni dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (8/3).

Selain itu, untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat beribadah di masjid atau musala yang berada di tempat umum, petugas dewan masjid bersama takmir masjid juga diimbau untuk selalu melakukan sanitasi siaga. Ada lima langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, menjaga kebersihan lantai masjid/musala dengan cairan disinfektan. Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas salat secara rutin/konstan menggunakan vacum cleaner/alat pembersih lain sangat dianjurkan.

Baca juga : China Laporkan Penurunan Jumlah Kasus Infeksi Baru, Terendah Sejak 23 Januari

Ketiga, meminta jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh. Keempat, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan.

Kelima, ikut mengawasi penyebaran/penularan virus Covid-19 dan tanggap dengan melaporkan apabila ada masyarakat yang dicurigai terdampak di lingkungan masjid/musala.

Selain lima langkah tentang menjaga kebersihan ditambah menggunakan peralatan shalat secara mandiri, hal terpenting lain yang juga harus diketahui agar terhindar dari penularan virus covid-19 adalah dengan menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

Baca juga : Pemerintah Siap Evakuasi 74 WNI Negatif Virus Corona di Kapal Diamond Princess

“Imun tubuh yang dijaga dengan baik melalui kegiatan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres dan pikiran tenang menjadi modal kuat untuk memerangi virus Corona dan penyakit lain,” tutup Doni. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.