Dark/Light Mode

Antisipasi Penularan Virus Corona, KAI Minta Penumpang Kereta Api Lakukan Hal Ini

Kamis, 19 Maret 2020 00:38 WIB
Untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah Corona, penumpang KRL Commuterline diminta untuk bersabar menanti kereta berikutnya. (Foto: Istimewa)
Untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah Corona, penumpang KRL Commuterline diminta untuk bersabar menanti kereta berikutnya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partisipasi setiap anggota masyarakat sangat diperlukan dalam mencegah kemungkinan meluasnya penularan virus Corona atau Covid-19. Tak terkecuali, para pengguna jasa angkutan kereta api. 

Dalam hal ini, PT KAI meminta para penumpang kereta api untuk melakukan berbagai langkah antisipasi penularan virus Corona, yang antara lain meliputi:

1. Mencuci tangan dengan sabun secara teratur dan menyeluruh, sehingga tangan bebas dari berbagai kotoran dan kuman. Hal ini lebih utama dan lebih efektif dilakukan, dibanding hanya membersihkan tangan dengan cairan pembunuh kuman atau hand sanitizer.

2. Jaga jarak dengan orang di sekitar, disarankan mempertahankan jarak kurang lebih satu meter kepada siapa saja, terlebih mereka yang batuk atau bersin. Sebab, saat seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan/cairan (droplets) dari hidung atau mulut, yang mungkin mengandung virus.

Baca juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, KAI Bentuk Satgas

3. Penumpang dianjurkan untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain seperti bersalaman, berpelukan dan sebagainya.

4. Sebagai langkah antisipasi penularan Corona, KAI telah menambah jadwal perjalanan KRL untuk mengurangi kepadatan penumpang. Karena itu, pertimbangkan jadwal selanjutnya, apabila KRL sudah terlihat padat.

3. Hindari menyentuh area wajah terutama mata, hidung, dan mulut. Tangan kerap menyentuh banyak permukaan benda, yang bisa jadi ditempati virus di tempat umum. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

4. Bersihkan tangan sebelum makan, dan pada saat akan menyentuh area muka. Untuk tingkat keamanan maksimal, penumpang kereta api juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer sendiri, agar lebih leluasa membersihkan tangan di mana pun dan kapan pun saat melakukan perjalanan.

Baca juga : Cegah Corona, BRI Minta Pegawainya Kerja Di Rumah

5. Patuhi aturan batuk dan bersin. Setiap orang yang batuk maupun bersin, sangat dianjurkan menutup mulut dan hidung dengan siku bagian dalam,  untuk mencegah penularan virus.

6. Menutup mulut dan hidung dengan tisu yang bersih saat batuk atau bersin juga disarankan. Namun, segera buang tisu tersebut ke tempat sampah. Tetesan yang keluar lewat hidung atau mulut saat seseorang bersin atau batuk, bisa menyebarkan virus. Oleh karena itu, aturan di atas perlu dipatuhi semua orang untuk meminimalisir penularan penyakit, termasuk Covid-19.

7. Jika demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari petugas medis yang ada di stasiun. Ikuti arahan petugas kesehatan yang memeriksa Anda.

8. Setelah tiba di rumah/tempat tujuan, segera mandi dan ganti pakaian.

Baca juga : Lawan Corona, Gobel Minta Pemerintah Perkuat Koordinasi

KAI tetap beroperasi seperti biasa, dengan pengawasan yang lebih ditingkatkan. Jadi, bila Anda saat ini memiliki kondisi tubuh fit dan prima,  tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan dengan kereta api. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.