Dark/Light Mode

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo

Tekan Penyebaran Corona, Jadilah Pahlawan Kemanusiaan

Jumat, 20 Maret 2020 09:34 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo Tekan Penyebaran Corona, Jadilah Pahlawan Kemanusiaan

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan CoVid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk menjadi pahlawan kemanusiaan. Caranya, ikut mengurangi potensi penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

“Kita bisa menjadi Pahlawan Kemanusian.bila kita bisa menyebar pesan kebaikan. Ikuti dan taati, serta disiplin tentang jaga jarak dalam setiap kesempatan, hindari kerumunan. Jangan sentuh mata hidung dan mulut. Bila pegang sesuatu, sering cuci tangan serta perbanyak kegiatan di rumah,” ajak Doni kepada masyarakat.

Baca juga : Jadi Ketua Penanganan Virus Corona, Kepala BNPB Doni Monardo Mohon Doa

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nazaruddin Umar mengajak masyarakat untuk mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia, agar dalam dua pekan ke depan tidak melaksanakan shalat Jumat di masjid.

Shalat Jumat diubah menjadi shalat zhuhur di rumah masing-masing. Selama dua pekan ke depan, Masjid Istiqlal tidak akan menyelenggarakan shalat Jumat.

Baca juga : Di Bandara Soetta, Prosedur Pencegahan Penyebaran Virus Corona Sangat Ketat

Langkah ini ditempuh agar umat tidak terpapar oleh virus corona yang sedang mewabah sekarang ini.

"Kita memang harus percaya takdir, tetapi juga tidak boleh melupakan ikhtiar. Demikian pula sebaliknya, kita melakukan ikhtiar, tidak boleh melupakan takdir,” ujar KH Nazaruddin Umar.

Baca juga : Tetap Waspada Coronavirus, Sebagian Perusahaan di China Sudah Kembali Beroperasi

Dalam mencegah penyebaran virus corona, menurut KH Nazaruddin, wajib untuk mengikuti arahan dari ulama dan umara.

“Kita ikuti saja sekarang apa yang sudah menjadi fatwa MUI dan arahan Presiden serta Gubernur DKI Jakarta untuk kita melaksanakan ibadah di rumah saja. Kita panjatkan doa kita kepada Allah SWT, karena Allah tahu apa yang sedang kita hadapi sekarang ini,” tegas Nazaruddin. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.