Dark/Light Mode

Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Penumpang

AirAsia Rutin Semprotkan Disinfektan Ke Seluruh Armada pesawat

Sabtu, 21 Maret 2020 14:39 WIB
Tampak pramugari AirAsia sedang semprotkan disinfektan di dalam pesawat. (Foto: Dok. AirAsia)
Tampak pramugari AirAsia sedang semprotkan disinfektan di dalam pesawat. (Foto: Dok. AirAsia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, program disinfektan dilakukan sebagai upaya ekstra di luar dari langkah pendukung aspek keselamatan dan kesehatan yang selalu diterapkan sebelumnya.

Menurutnya, disinfeksi diterapkan kepada seluruh area pesawat, mulai dari kabin, kursi penumpang, kokpit, lavatory, galley, kompartemen bagasi kabin, kompartemen kargo hingga pintu-pintu pesawat. 

Baca juga : Ucapkan Selamat, Obrolan Jokowi dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin Berlangsung Hangat

Beberapa proses disinfektan yang sudah dilakukan yaitu pada armada Airbus A320 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, dan diterapkan juga pada setiap pesawat di hub AirAsia lainnya, yaitu Bali, Surabaya, Medan dan Lombok.

"Prosedur desinfeksi dijalankan oleh lembaga yang telah disertifikasi oleh Kementerian Kesehatan, Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASSPHAMI), serta atas izin lembaga internasional, yakni Australian Quarantine and Inspection Service (AQIS) di bawah Department of Agriculture, Water and the Environment of Australia," katanya di Jakarta, Sabtu (21/3).

Baca juga : Dukung Keselamatan Navigasi, Kemenhub Resmikan Fasilitas Pelayaran

Selain itu, kata Veranita, seluruh pesawat AirAsia juga telah dilengkapi sistem penyaring sirkulasi udara atau filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang berfungsi untuk menyaring debu dan berbagai bahan pencemar udara, termasuk virus dan bakteri. Filter HEPA diganti secara berkala guna memastikan kualitas udara yang maksimal.

Untuk menjamin keselamatan, semua petugas pemeliharaan pesawat telah dibekali pengetahuan mengenai keselamatan dan perlindungan diri sesuai prosedur. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.