Dark/Light Mode

Korban Terus Bertambah, MUI Imbau Umat Islam Laksanakan Shalat Ghaib

Senin, 23 Maret 2020 07:04 WIB
Asrorun Niam Sholeh. (Foto : Istimewa)
Asrorun Niam Sholeh. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah korban covid-19 terus bertambah. Hingga Minggu (22/3) sebanyak 48 orang meninggal akibat virus berbahaya ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam melaksanakan shalat ghaib.

"Kami mengimbau melakukan shalat ghaib bagi umat Islam yang wafat akibat covid-19 dan mendoakannya. Shalat ghaib bisa dilaksanakan di rumah masing-masing, baik berjamaah maupun sendiri-sendiri," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh lewat keterangan tertulisnya, Senin (23/3).

Baca juga : Go Mobile Bantu Nasabah CIMB Niaga Jalankan Social Distancing

Terkait pengurusan jenazah seorang muslim yang wafat, Niam berharap masyarakat mematuhi ketentuan fatwa MUI Nomor 14/2020. Intinya, pengurusan jenazah (tajhiz janazah) terpapar COVID-19, terutama dalam memandikan dan mengkafani harus dilakukan sesuai protokol medis dan dilakukan oleh pihak yang berwenang, dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat.

"Sedangkan untuk menshalatkan dan menguburkannya dilakukan sebagaimana biasa dengan tetap menjaga agar tidak terpapar COVID-19," kata Niam yang juga Deputi Kemenpora ini.

Baca juga : Kemenperin Terus Tambah Industri Penikmat Gas Murah

Berharap wabah Covid-19 segera berakhir dan umat Islam terhindar dari virus ini, ia juga menyarankan umat Islam melakukan qunut nazilah. "Qunut nazilah di setiap shalat fardlu agar terhindar dari wabah dan berdoa agar wabah segera sirna." [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.