Dark/Light Mode

Larangan Mudik Masih Dikaji, Keputusannya 2 Hari Lagi

Senin, 30 Maret 2020 15:48 WIB
Larangan mudik tahun 2020 masih dikaji pemerintah. (Foto : Istimewa)
Larangan mudik tahun 2020 masih dikaji pemerintah. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah belum juga menetapkan secara resmi keputusan apa yang diambil terkait mudik Lebaran 2020. Juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, kebijakan larangan mudik belum diputuskan Presiden Joko Widodo.

Alasannya, Presiden Jokowi meminta sejumlah pihak terkait mengkaji efek yang ditimbulkan kebijakan itu. Padahal, akhir pekan lalu pihak Kemenhub mengungkapkan keputusan resmi akan keluar pada Senin (30/3).

Baca juga : Larangan Mudik Cuma Dianggap Angin Lalu

"Hasil rapat mengenai pembatasan mudik, Presiden meminta dilakukan kajian kembali bagaimana mitigasi dari sisi ekonomi khususnya kepada masyarakat yang terdampak. Karena sebagian besar yang mudik ini adalah pekerja sektor informal yang kehilangan pendapatannya di Jakarta," katanya di Jakarta, Senin (30/3).

Jodi menilai, kesiapan memang harus dilakukan, khususnya dalam pembatasan wilayah. Nanti dalam prosesnya bakal menerjunkan beberapa aparat terkait seperti TNI dan Polri. "Khususnya juga bagaimana kesiapan jaring pengaman sosial yang akan diberikan," ujarnya.

Baca juga : Jangan Bawa Corona Ke Kampung Halaman

Jodi memperkirakan dalam waktu dekat keputusan resmi terkait kebijakan final pelarangan atau pembatasan mudik oleh pemerintah bakal segera keluar. "Kajian diharapkan selesai dalam 2 hari dan Presiden akan memutuskan," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.