Dark/Light Mode

3,6 Juta Orang Terdampak Corona Dapat Bansos, Jokowi Minta Kades Kucurin Dana Desa.

Kamis, 2 April 2020 13:17 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 3,6 juta orang di Jakarta yang perekonomiannya terdampak kebijakan pembatasan sosial akibat wabah virus corona (Covid-19) akan mendapat bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta sudah menyalurkan Bansos kepada 1,1 juta orang penerima.

Berita Terkait : Belum Ada Daerah Lockdown, Jokowi Minta Warga “Kunci” Tangan

“Saya kira kemarin Gubernur DKI juga sudah menyampaikan 3,6 juta perlu dimasukkan dalam jaring pengaman sosial dan yang sudah diberikan Provinsi DKI 1,1 juta. Artinya tinggal 2,5 juta yang perlu kita eksekusi di lapangan," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas soal mudik melalui video conference, Kamis (2/4).

Tak hanya dalam pemberian Bansos, eks Wali Kota Solo itu meminta kepala daerah hingga kepala desa terus berkolaborasi dengan pemerintah pusat dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Berita Terkait : Duh, Corona Bisa Bikin Pertumbuhan Ekonomi Minus 0,4 Persen

Jokowi juga meminta pemerintah desa proaktif mendata warganya yang sudah terlanjur mudik dan menetapkan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) bagi pemudik tersebut.

Ia juga meminta para kepala desa aktif memantau proses karantina mandiri yang dilakukan pemudik tersebut.

Berita Terkait : Jika Ada Darurat Sipil, Jokowi: Apotek dan Toko Sembako Tetap Buka

Selain itu, dia meminta kepala desa tak ragu menggelontokan dana desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang perekonomiannya terdampak wabah Covid-19.

“Saya ingin mendorong agar ada partisipasi di tingkat komunitas baik itu RW maupun RT sehingga pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa diberlakukan sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan), sehingga harus jalankan isolasi mandiri," tegas Jokowi. [WHY]