Dark/Light Mode

MUI Imbau Orang Kaya Tunaikan Zakat dari Sekarang, Bantu Sesama di Tengah Wabah Covid-19

Kamis, 2 April 2020 14:41 WIB
Zainut Tauhid Sa`adi (Foto: Istimewa)
Zainut Tauhid Sa`adi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung kebijakan Presiden Jokowi yang telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran wabah Covid-19. Selain menjaga aspek kesehatan masyarakat dan dunia usaha, kebijakan ini juga akan menyiapkan jaring pengaman sosial untuk masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok dan menjaga daya beli.

MUI mengimbau seluruh pimpinan ormas Islam, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk turut aktif bekerja sama mendukung kebijakan tersebut. "Dengan menyampaikan narasi keagamaan yang mengedepankan misi kemanusiaan, konstruktif, serta sinergis dengan misi PSBB terkait penanganan dan pencegahan Covid-19," kata Wakil Ketua MUI, Zainut Tauhid Sa`adi, kepada RMco.id, Kamis (2/4).

Baca juga : Membangun Optimisme Masyarakat Di Tengah Wabah Corona

MUI, lanjut Zainut, juga mengajak kepada seluruh umat Islam, khususnya para aghniya atau orang yang berkecukupan, untuk saling berlomba dalam kebaikan dengan menyegerakan menunaikan zakat, infaq atau sedekahnya. Tujuannya, untuk membantu meringankan beban saudara kita yang terdampak wabah virus Corona.

MUI mendorong sinergi lembaga filantropi Islam seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Badan Wakaf Indonesia (BWI), Rumah Zakat, Dompet Dhu'afa, LazisNU, Lazismu, untuk mengoptimalkan gerakan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) dalam membantu sesama di tengah wabah virus Corona. MUI berharap, bantuan yang disalurkan Ziswaf dapat meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, sekaligus menjadi jaring pengaman sosial akibat dampak wabah Covid-19 .

Baca juga : Dukung Upaya Lawan Corona, Pertamina EP Cepu Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19

"Covid-19 ujian sekaligus momentum untuk saling berbagi, menguatkan solidaritas nasional. Umat menunggu peran fundamental Ziswaf dalam membantu dan memberdayakan masyarakat," pungkas KH. Zainut Tauhid. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.