Dark/Light Mode

Atasi Covid-19, Bupati Tangerang Kedepankan Kebijakan Jaga Jarak Ketimbang Lockdown

Selasa, 7 April 2020 00:01 WIB
Ahmed Zaki Iskandar (Foto: Istimewa)
Ahmed Zaki Iskandar (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nyaris semua kepala daerah bekerja keras memutar otak menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Mereka juga harus memastikan layanan kesehatan di wilayahnya berjalan lancar dan kondisi sosial ekonomi warganya bisa terus berjalan meski menghadapi kondisi sulit. 

Salah satunya Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Namun, Zaki memutuskan tidak melakukan karantina wilayah atau lockdown di wilayah yang dipimpinnya. "Salah satu pertimbangannya, siapa yang akan memberi makan 4 juta orang (warga Kabupaten Tangerang). Lalu bagaimana dengan warga yang berbatasan wilayah lain seperti dengan Kota Tangerang dan Tangsel?” kata Zaki, Senin (6/4).

Baca juga : Tangkal Covid-19, Menpora : Jaga Jarak, Utamakan Kebersihan dan Berolahraga

Berdasarkan update terbaru di https://covid19.tangerangkab.go.id/, hingga Sabtu (4/4) sore, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tangerang adalah 27. Satu orang dinyatakan sembuh dan dua meninggal. Sedangkan untuk PDP sebanyak 73 kasus dan OPD 288 orang.

Kini, Zaki pun lebih memilih untuk gencar menyosialisasi ke masyarakat untuk menjaga jarak aman, belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Karena pandemi Covid-19 ini begitu memengaruhi kondisi perekonomian dan layanan kesehatan yang makin sibuk di tengah keterbatasan, Zaki mengucapkan terima kasih ke semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk lingkungan Kabupaten Tangerang. 

Baca juga : Perangi Covid-19, Pertamina Salurkan Ratusan APD dan Alat Kesehatan ke Beberapa RS di Sumsel

Salah satunya ke pengusaha asal Tangerang, Jerry Hermawan Lo, yang merupakan owner JHL Group. Sejak 30 Maret, JHL Group mendirikan posko bantuan Covid-19 yang berada di JHL Auto, Gading Serpong. Lewat posko yang dikelola Merah Putih Kasih Fondation (MPKF) Peduli ini, JHL Group memberikan bantuan ribuan perlengkapan medis untuk banyak rumah sakit yang berada di kawasan Tangerang Raya. Misalnya masker, sarung tangan, vitamin, dan lainnya.

Setiap rumah sakit mendapatkan bantuan ribuan masker, ribuan sarung tangan dan ribuan strip vitamin. Buat tahap awal, JHL Group juga mendatangkan 60 ton beras dan ribuan dus mie instan untuk disalurkan ke masyarakat yang secara ekonomi terdampak langsung dengan pandemi COVID-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.