Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Ajak Gotong Royong

Ayo Bersatu Untuk Bangsa

Jumat, 24 April 2020 06:15 WIB
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. (Foto: Istimewa)
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar deklarasi di halaman parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, kemarin. Mereka mengajak semua pihak gotong royong, jangan gontok-gontokan melawan Covid-19.

Acara ini dibuka dengan pemberian secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) oleh Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno kepada perwakilan para Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Relawan ini juga menggelar rapid test massal.

Sandi mengatakan, penanganan wabah Covid-19 yang ada di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama. Menurutnya, semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia harus menjadi kunci keberhasilan penanganan wabah pandemi ini.

“Hari ini, kita mengadakan rapid test secara gratis bagi masyarakat, kita harus bersatu padu dan bergotong royong dalam mendukung upaya pemerintah dalam memerangi wabah ini, dengan penggunaan masker, test massal, sosialisasi dan edukasi, gerakan dekontaminasi dan jaring pengaman sosial. Dengan segala keterbatasan, kami ingin menyumbangkan masker sebanyak 10 juta di seluruh wilayah indonesia, peralatan mobil, APD dan tabung disinfektan,” ujar Sandi.

Sandi menegaskan, wabah Covid-19 ini bukan hanya membuat krisis kesehatan di dunia, tetapi juga bisa menyebabkan krisis sosial dan ekonomi. Namun, dia yakin dengan bahu membahu dan gotong royong melibatkan seluruh elemen, maka Indonesia akan mampu terbebas dari Covid-19.

Baca juga : PLN Terapkan Energi Ramah Lingkungan Untuk Pembangkit Masa Depan

"Rapid Test di Kemayoran akan berlangsung sekitar 1 minggu terhitung dari 22 April 2020. Kami siapkan 10.000 test dan paket sembako. mudahan-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita semua akan bisa mengalahkan Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini menjadi awal perjuangan di seluruh pelosok Indonesia. Dia menegaskan semangat gotong royong dan bahu membahu bangsa Indonesia menjadi contoh penanganan krisis yang telah dilewati selama ini.

Senada dengan Sandi, Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan menambahkan, penanganan pandemi Covid-19 bukan hal yang mudah. menurutnya, gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang digagas Sandiaga Uno menjadi aksi bela negara.

“Hari ini, relawan jadi ujung tombak percepatan penanganan Covid-19. Relawan yang berada di seluruh Indonesia bersatu membela daerahnya untuk melindungi masyarakat dari wabah ini. Ini bela negara yang akan jadi contoh bagi daerah lain bahwa Indonesia bisa melakukan ini dengan baik,” kata Lilik.

BIN Apresiasi Relawan Indonesia Bersatu

Baca juga : Antisipasi PHK Akibat Covid-19, Mega  Perintahkan Kader PDIP Gotong Royong Bikin Program Padat Karya

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Purn. Budi Gunawan mengapresiasi kehadiran Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang langsung dikomandani Sandi. Menurutnya, gerakan relawan ini merupakan wujud kepedulian dan peran serta komponen bangsa dalam penanganan wabah Covid-19.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Pak Sandiaga dan seluruh rekan-rekan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 atas deklarasinya,” ujar Budi Gunawan.

Budi menegaskan, saat ini bukan hanya Indonesia yang tengah mengalami pandemi ini, tetapi dunia juga turut merasakan krisis kesehatan akibat Covid-19. Dia mengaku optimis dengan kehadiran gerakan relawan ini akan mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Lebih lanjut, Budi yakin gerakan gotong royong dan bahu membahu akan membuat penanganan wabah ini semakin cepat teratasi.

“Kita lihat mereka sudah ada di seluruh nusantara dan berada di wilayah zona merah penyebaran wabah Covid-19,” katanya.

Mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia ini menambahkan, Relawan Indonesi Bersatu Lawan Covid-19 telah melakukan langkah konkrit dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, salah satunya melakukan 10 ribu Rapid Test yang digelar di Wisma atlet Kemayoran, Jakarta.

Baca juga : Idekan Pertemuan Spesial, Indonesia Dorong ASEAN Bersatu Lawan Covid-19

Kemudian, penyemprotan disinfektan di wilayah-wilayah yang telah ditetapkan sebagai zona merah. Selanjutnya, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga memberikan laboratorium mobile di wilayah-wilayah tersebut.

“Sekali lagi, selamat dan terimakasih telah bergabung ke pemerintah. Kami yakin jika dilakukan bersama, Insya Allah Juli sudah masuk pada fase yang ringan. Kami semua mohon doanya. Kami yakin penanganan bersama-sama ini membuat wabah Covid-19 ini bisa teratasi dengan baik,” tegasnya.

Pada kegiatan ini, Sandi dan Budi Gunawan turut meninjau pelaksanaan Rapid Test massal. Sandiaga mengapresiasi Rapid Test ini telah mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Bagus ini diberi jarak. War ga diberi masker dan tidak terlalu ber dekatan,” tegasnya.

Berikut koordiantor elemen yang tergabung dalam Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19: 1.Relawan Gugus Tugas: Andre Rahadian. 2. Relawan Sandiaga Uno/Founder KAHMINPRENEUR: Kamrussamad. 3. Ketua Umum Pemuda Pancasila: Yapto Suryo Sumarno. 4. GK Jokowi: Kelik Wiryawan. 5. Sedulur Jokowi: Bambang Saputra. 6. Jakarta Berlari: Kamal. 7. Seknas Jokowi: Dono Prasetyo. 8. Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI): Mudhofir. 9. EP For Jokowi: Hasnil Fajri. 10. Relawan Solmet: Sylver Matutina. 11. Selibriti dan Kopi Panas Foundation. Pricia Wulan Nasution. 12. Selebriti: Giring Ganesha. 13. Kepala Media DKN: DR Dhienda Cempaka Shahannas. 14. Ketum Rumah Sandiuno Indonesia: Sani A. Irsan. 15. Ruang Sandi: Dimas Akbar. 16. Ketua Yayasan Komunitas Emak-emak: Vera Nofita. 17. Komunitas Indonesia Tersenyum: Ivan Andy Darmawan. 18. MPIM: Muhamaad Umar Alatas. 19. Relawan Siaga: Syafruddin. 20. Jakarta Berlari: Kamal. 21. Dewa USN Kepemudaan Nasional: Hafiz Ahmad. 22. KAHMICARE Direktur Utas: Anwar Sujana. 23. Relawan S24 Peduli: Siti Nurfitriana. 24. Relawan KS2: Husain Uban. 25. Rumah Quran Ashamad: Ustad Musliadi. 26. Yayasan Talenta Indonesia: Musbihin. 27. Jaringan HMP Konsultan: Ahmad Pauji. 28. OK OC Peduli: Andi Maulana. 29. BEM Jakarta: Novan. 30. BEM Nusantara: Dimas. 31. Ketua Forum Kiai Tahlil Indonesia: Gus Khayat. 32. Ketua Satgas Covid PBNU: K Abdul Wahid. 33. Sekretaris Komisi Fatwa MUI: KH Asrorun Niam. 34. Ketua PP Pemuda Muhammadiyah: Cak Nanto. 35. Ketua Kristen Katolik: Romo Benny Susetyo. 36. Ketua PGI Kristen Protestan: Pendeta Gumar Gultom. 37. Ketua Umum Majelis Agama Budha: Suhadi Sanjaya. 38. HINDU: I Nengah Dana. 39. HMI: Arya. 40. IMM: Najih. 41. Pimpinan Forum Persatuan Bandung Bersatu: Helvy. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.