Dark/Light Mode

Turun Tangan Atasi Covid-19

Besok Pagi, PMI DIY Salurkan APD ke 12 Rumah Sakit Rujukan Corona di Yogyakarta

Minggu, 3 Mei 2020 19:56 WIB
Turun Tangan Atasi Covid-19 Besok Pagi, PMI DIY Salurkan APD ke 12 Rumah Sakit Rujukan Corona di Yogyakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X dan Ketua Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY), GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi akan menyalurkan alat perlindungan diri (APD) ke 12 rumah sakit rujukan di DIY pada Senin (4/5) pukul 10.00 WIB di Markas PMI DIY, Jalan Siliwangi No. 3 Pathuk, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Bantuan untuk tenaga medis ini adalah bukti nyata PMI DIY mendukung pemerintah, dalam menangani Covid-19.

APD yang merupakan donasi dari Yayasan Amal Bakti Natural Nusantara ini terdiri dari 500 pcs baju hazmat, 4.700 pcs masker bedah, 825 pcs masker N95, 125 pcs pelindung wajah (face shield), dan 3.456 hand sanitizer.

Baca juga : Lemhannas Salurkan 15.500 Alkes Untuk Tenaga Medis Jakarta

"APD tersebut akan kami sumbangkan ke RS Sardjito, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS Hardjolukito, RSA UGM, RS JIH, RS Bhayangkara, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Bantul, RSUD Sleman, RSUD Wonosari dan RSUD Wates,” tutur Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo yang akrab disapa Gusti Prabu, dalam keterangan yang diterima RMco.id, Minggu (3/5).

Selain untuk rumah sakit rujukan, PMI DIY juga akan mendistribusikan perlengkapan penanganan Covid-19 untuk Kabupaten/Kota di DIY.

Perlengkapan itu terdiri dari 152 pcs hazmat, 120 pcs masker N95, 400 pcs handscoon, 60 pcs face shield, 576 pcs hand sanitizer, 4 jeriken disinfektan DCS (Disinfektan Semprot Corona), 2.112 pcs disinfektan Wipol, 800 kg beras paket, serta sarung dan mukena masing-masing 100 pcs.

Baca juga : Pertamina EP Salurkan Bantuan APD Ke RS Rujukan Covid-19

Sampai saat ini, personel PMI masih terus bekerja menangani dan mencegah Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan di 1.325 titik dan penerima manfaat berjumlah 349.579 orang, serta promosi kesehatan di 245 titik dengan penerima manfaat berjumlah 26.376 orang selama periode 20 Maret-2 Mei 2020.

"Untuk pelayanan ambulans, baik kedaruratan maupun pemakaman jenazah terdampak Covid-19, PMI Kabupaten Gunungkidul sudah berkontribusi 30 kali. Sebanyak 18 di antaranya, melayani pemakaman. Sementara PMI Kabupaten Sleman telah melayani 13 kali, dan PMI Kabupaten Bantul 5 kali," jelas Gusti Prabu. 

Selama masa tanggap darurat Covid-19, PMI DIY aktif memberi pelayanan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Mulai dari penyemprotan disinfektan, pelayanan ambulans, hingga memakamkan orang-orang dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pasien positif maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP), pendampingan psikososial, serta promosi dan edukasi hidup bersih dan sehat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.