Dark/Light Mode

BPIP Turut Berduka, Didi Kempot Maestro Penyampai Pancasila

Selasa, 5 Mei 2020 15:44 WIB
Maestro Campur Sari, Didi Kempot. (Foto: Instagram)
Maestro Campur Sari, Didi Kempot. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) turut berduka cita atas meninggalnya penyanyi Capmpur Sari Didi Kempot pada Selasa (5/5) pagi.

Banyak karya Didi Kempot semasa hidupnya yang bisa jadi pembelajaran dan menggambarkan jiwa Pancasila. "BPIP berduka cita atas meningalnya sang Mestro, Didi Kempot. Lewat lagunya yang mudah diterima rakyat kecil karena lirik lagu mengambarkan jiwa Pancasila yang diaktualisasikan dalam tindakkan nyata," terang Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo dalam keterangannya kepada RMco.id, Selasa (5/5).

Baca juga : Menteri Siti Kenang Didi Kempot Saat Bantu Kampanye Lingkungan

Romo Benny menerangkan, karya-karya almarhum Didi Kempot mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan lagunya yang easy listening mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat.

"Beberapa agunya berisi nilai Pancasila. Misalnya lirik lagu nilai persaudaraan, gotong royong, nilai kemanusian, dan kebersamaan," terang Rohaniawan Katolik ini.

Baca juga : Didi Kempot Meninggal Dunia di RS Kasih Ibu, Solo

Didi Kempot juga pernah menjadi Ikon Pancasila yang diberikan oleh BPIP pada tahun 2019 karena karyanya di bidang musik.

Lewat lirik lagu Campur Sarinya sang Mestro memberikan inspirasi masyarakat Indonesia untuk senantiasa hidup rukun dan cinta pada bangsanya. Bangsa Indonesia kehilangan seniman rakyat yang mampu membaca jantung hati rakyat dan denyut nadinya.

Baca juga : TVRI Ribut Melulu, Demokrat: Ada Pertarungan Orang Luar

Selain itu, BPIP juga kehilangan guru yang mengajarkan nilai keutaman kemanusia melintasi batas suku, agama dan politik. "Semoga nilai keutaman hidup dalam lagu-lagunya, terus kita menyala dalam sanubari bangsa ini bersama para sahabat Ambyar," pungkas Benny. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.