Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi: Buku Apa Yang Anda Baca di Masa Pandemi Covid-19?

Buku Tabungan Pak, Sudah Menipis Nih..

Senin, 18 Mei 2020 05:20 WIB
Ilustrasi buku tabungan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi buku tabungan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di peringatan Hari Buku Nasional kemarin, Presiden Jokowi mengajukan pertanyaan. “Buku apa yang anda baca di masa pandemi Covid-19?” tanya Ptesiden di akun Twitter dan Instagram-nya. Warganet memberikan jawaban beragam. ada yang serius. ada juga yang nyeleneh. “Baca buku tabungan, pak. Sudah semakin menipis saldonya,” jawab seorang warganet.

Pertanyaan itu dilontarkan Jokowi melalui akun media sosial miliknya. Di akun akun Twitter miliknya, Jokowi mengunggah foto ilustrasi dirinya sedang membaca buku disertai tulisan “Selamat Hari Buku Nasional 17 Mei 2020”.

Kata Jokowi, saat ini kita menjalani hari hari dalam keterbatasan. Kegiatan terbatas, pertemuan terbatas, ruang gerak terbatas. Nah, kata dia, di masa pandemi memungkinkan masyarakat memiliki banyak waktu untuk membaca buku,baik buku fisik maupun buku digital. Ia pun bertanya-tanya, buku apa yang dibaca masyarakat. “Buku apa saja yang anda baca selama masa pandemi ini?” tanya Jokowi.

Baca juga : Efek Pandemi Covid-19, Banyak Satwa Kelaparan

Hingga semalam, cuitan orang nomor 1 di republik ini mendapatkan banyak respons. Sebanyak 10 ribu pengguna memberikan tanda suka. Sedangkan ribuan lainnya menuliskan komentar dan menyebarkan kicauan tersebut.

Komentar netizen beragam. Ada pengguna yang menjawab serius dengan buku-buku serius. Membaca buku-buku pelajaran kuliah dan text book lainnya. Seperti dilontarkan akun @litcherally. Dia bilang sedang serius membaca Metode statistika, dan kalkulus. “Buat ujian nanti, Pak,” ungkapnya.

Ada juga pengguna yang membaca buku-buku santai seperti novel dan komik. Novel Hunger Games series, The Host, Pergi Pulang by Tere Liye, Ceroz Batozar, komet. “Saya baca buku buku memasak. Belajar rumusnya dulu, latihannya nyusul,” kicau @sesamoid.

Baca juga : Diaspora Indonesia di AS dan Kanada Gelar Rantai Doa dan Aksi

Selain mereka yang serius membahas buku-buku, tak sedikit pengguna menceritakan kehidupan ekonominya. Seperti diungkapkan @gyoucan. “Buku rekening Pak,” kicaunya. “Baca buku rekening nih, Pak. Bingung kok saldo nya 0,” sambar @hansoljang. Akun @3m berbocor juga cerita hal serupa. “Saya baca buku rekening pak sambil lihat apa barang di rumah yang bisa dijual,” cetusnya. “Buku rekening kolom kredit,” sambar @zulzivilia. “Buku rekening. Gak ada pemasukan. Pengeluaran terus,” ucapnya. “Buku Tabungan pak, Makin menipis,” ungkap @rizafaisalfah.

Akun @cimol20 cerita soal buku rekening saldonya tinggal Rp 57 ribu. Akun @fjr_kurniaone mengaku baru membaca buku rekening bank, buku daftar cicilan dan sedang mencari buku cara bertahan hidup tanpa kerja dan kriminal.

Akun @unclesad07 membalas dengan memfoto sebuah buku karya Anton Prasetyo. Judulnya Buku Wajib Orang Miskin: Petunjuk Menikmati Hidup bagi Orang Miskin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.