Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bersama Hadapi Pandemi Covid-19

KBRI Washington DC Bantu WNI dengan Paket Sembako Sehat

Minggu, 26 April 2020 12:04 WIB
Ratusan bantuan paket sebako sehat untuk WNI siap disalurkan Satgas Covid-19 KBRI Washington DC, Amerika Serikat. (Foto IST)
Ratusan bantuan paket sebako sehat untuk WNI siap disalurkan Satgas Covid-19 KBRI Washington DC, Amerika Serikat. (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemberlakuan kebijakan untuk tinggal di rumah (Stay at Home/Safer at home) sejak awal Maret 2020 oleh Pemerintah Federal Amerika Serikat (AS) maupun negara bagian  sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 berdampak sangat besar terhadap perekonomian AS.  Di antara sektor perekonomian AS yang terdampak, bidang-bidang usaha non-esensial, seperti ritel dan restoran, serta sektor pekerjaan non-formal.

Tidak sedikit usaha kecil dan menengah dalam kategori tersebut terpaksa menutup usahanya dan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) para pegawainya. Tidak hanya penduduk AS, masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal dan bekerja di AS pun tidak luput terkena dampaknya. Kondisi yang masih terus berlangsung tersebut menyebabkan sebagian warga Indonesia kehilangan mata pencahariannya atau terpaksa berhenti dari pekerjaannya. 

Baca juga : Jaga-jaga Pandemi Covid-19 Berlangsung Lama, Orang PDIP Usul Pemerintah Siapkan Pangan Alternatif

“Berdasarkan data hasil penelurusan langsung kami, ada sejumlah WNI di AS, termasuk yang berada di wilayah Washington DC dan sekitarnya, yang kesulitan untuk menyambung hidup karena sudah tidak memliki pendapatan, bahkan untuk membeli kebutuhan pokok,” ujar Theodorus Satrio Nugroho, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC.

Sebagai salah satu upaya untuk membantu meringankan beban tersebut, KBRI Washington DC melaksanakan program pembagian paket sembako sehat bagi para WNI yang terdampak. Secara khusus, bantuan tersebut ditujukan bagi warga Indonesia yang paling membutuhkan dan kelompok-kelompok yang dinilai paling rentan terhadap dampak wabah virus corona. 

Baca juga : PLN Riau Donasikan 1.000 Paket Sembako Dan APD Di Kota Pekanbaru

Pendataan warga terdampak dilakukan baik melalui informasi langsung dari masyarakat, atau melalui kerja sama KBRI dengan berbagai organisasi, tokoh-tokoh masyarakat, dan simpul-simpul komunitas Indonesia, diantaranya IMAAM Center, Rumpun Wargi Pasundan, Paguyuban Tiyang Jawi, dan Singolodoyo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.