Dark/Light Mode

Imam Masjid Istiqlal: Hujan Air Saja, Nabi Muhammad Shalat Di Rumah

Sabtu, 23 Mei 2020 16:04 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar. Foto: Twitter @MUIPusat
Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar. Foto: Twitter @MUIPusat

RM.id  Rakyat Merdeka -  Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar mengajak masyarakat Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah di tengah masa pandemi Covid-19.

"Insyaallah besok kita akan menunaikan Shalat Idul Fitri. Saya selaku Imam Besar Masjid Istiqlal meminta segenap masyarakat, khususnya yang sering jadi jamaah Masjid Istiqlal tercinta, untuk salat Id di rumah saja," kata Nasaruddin saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (23/5).

Baca juga : Imam Besar Masjid Istiqlal Ingatkan Mudik Bikin Beban Orangtua Di Kampung

Memang, lanjut eks Wamenag ini, ghirah dan sikap mencintai serta menghidupkan masjid adalah bagian dari sikap terpuji. Hanya saja, melihat kondisi berbahaya saat ini, masyarakat harus memprioritaskan kesehatan.

Nasaruddin memberi contoh sikap Rasulullah Nabi Muhammad SAW yang melarang sahabatnya untuk datang ke masjid karena hujan lebat.

Baca juga : Pemerintah dan MUI Satu Suara Shalat Id Di Rumah


"Hujan air saja Rasulullah meminta sahabatnya tak perlu ke masjid, shalatlah di rumah. Apalagi sekarang ini, hujan corona yang sangat mematikan. Saya ingin meyakinkan kepada terutama umat Islam, jangan memaksakan kehendak untuk melakukan kegiatan di masjid," pintanya dengan sangat.

Disebutkannya, pergi ke masjid untuk menjalankan Shalat Idul Fitri hukumnya sunnah. Sementara memelihara kesehatan keluarga hukumnya adalah wajib. Karena itulah, masyarakat harus mengutamakan hal yang sifatnya wajib. [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.