Dark/Light Mode

Hasil Survei Capres Vox Populi

Prabowo Masih di Puncak, Ganjar Menggusur Anies

Rabu, 10 Juni 2020 06:40 WIB
Prabowo Subianto (Foto: Dok. Kemhan)
Prabowo Subianto (Foto: Dok. Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di bursa calon presiden untuk Pemilu 2024 mulai melorot. Posisi Anies tergusur Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sementara, Prabowo Subianto masih di posisi teratas.

Hal itu disampaikan peneliti lembaga survei Vox Populi Research Center Dika Moehamad, kemarin. Kini Anies tidak lagi menjadi penantang kuat Prabowo. “Kini Ganjar muncul sebagai penantang,” ujar Dika. 

Baca juga : Survei Voxpopuli: Prabowo Kokoh di Puncak, Ganjar-Anies-RK Membayangi

Di survei ini, nama Prabowo masih berada di posisi pertama. Elektabilitasnya berada di angka 18,6 persen. Usai Pemilu 2019, elektabilitas Prabowo nyaris tak tertandingi. Posisi kedua yang tadinya milik Anies kini ditempati Ganjar di angka 15,6 persen. Anies nangkring di posisi ketiga dengan elektabilitas 11,3 persen. Berikutnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil. Di peringkat keempat ada Sandiaga Uno dengan elektabilitas 9,3 persen. 

Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berada di urutan kelima dengan elektabilitas 6,4 persen. Lebih tinggi dari elektabilitas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 5,1 persen. Berikutnya, ada Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Menko Polhukam Mahfud MD. Semuanya, masih di level angka 3 persen. 

Baca juga : Hasil Survei BI, Penjualan Eceran Maret Turun

Survei ini menggunakan 1.200 responden. Pengambilan data dilakukan 26 Mei hingga 1 Juni 2020 dengan margin error ±2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Sebelumnya, Survei Indikator Politik juga merilis hasil senada. Elektabilitas Anies disalip Ganjar di urutan kedua. Ganjar sukses menyalip Anies melalui isu virus corona. Ganjar meraih elektablitas 11,8 persen. Sementara Anies turun menjadi 10,4 persen. Survei dilakukan 16-18 Mei. Di urutan pertama masih ditempati Prabowo Subianto dengan 14,1 persen. 

Baca juga : Hasil Survei, Sandi Mulai Pepet Prabowo dan Anies

Hasil ini direspons Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay. Di Pilgub DKI 2017, PAN mendukung duet Anies-Sandi. Saleh menyebut, hasil survei ini adalah cerminan evaluasi Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Anies semestinya sudah membaca dan mencermati ini. Jangan sampai, ada pendukung yang menyesal karena pernah ikut memperjuangkannya,” ujar Saleh, kemarin. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.