Dark/Light Mode

Dokter Reisa: Ganti Masker Setelah 4 Jam Dipakai

Rabu, 10 Juni 2020 13:22 WIB
Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)
Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, penggunaan masker harus diganti baru setelah 4 jam dipakai. Masker juga wajib diganti jika sudah basah atau terlalu lembab.

Dia menganjurkan, masyarakat membawa persediaan masker apabila harus pergi keluar rumah. “Masyarakat disarankan untuk membawa beberapa buah masker ketika harus pergi keluar rumah untuk beraktivitas,” ujarnya seperti ditulis Rabu (19/6).

Baca juga : Anies Pastikan Siswa DKI Tak Masuk Sekolah, Sampai Situasi Aman

Penggunaan masker harus tepat. Masker harus dipastikan benar-benar menutupi hidung, mulut hingga dagu. Selain itu, sebaiknya tidak menarik atau menurunkan masker dan tidak menyentuh bagian depan masker setelah digunakan.

Untuk melepaskannya, cukup dengan memegang bagian tali atau pengait tanpa menyentuh bagian kain. Kemudian dibuang atau dicuci kembai untuk jenis masker kain.

Baca juga : Bajaj Bisa Gantikan Peran Ojol Di Jakarta Lho...

Menurutnya, penggunaan masker ini hanya dapat efektif apabila seseorang yang memakainya juga menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Seperti cuci tangan sebelum menggunakan masker, hindari memegang area wajah, terutama mata, hidung, dan mulut.

Dia mengingatkan, meskipun sudah menggunakan masker, masyarakat tetap harus menghindari kerumunan dan tempat ramai serta menjaga jarak fisik minimal satu meter dari orang lain. Terutama, dari mereka yang bergejala atau mengalami gangguan pernapasan, seperti batuk, bersin, demam, dan lain-lain. 

Baca juga : Nasabah dan Transaksi Mandiri Sekuritas Melonjak 2 Kali Lipat Saat Pandemi

Selain itu, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan bila tidak ada, gunakanlah hand rub berbasis alkohol. "Lakukan hal ini dengan disiplin. Lindungi diri, lindungi orang lain. Pastikan kita, keluarga, tetangga, kerabat, dan kawan, aman dari Covid-19 dan tetap produktif membangun bangsa,” pungkas Dokter Reisa. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.