Dark/Light Mode

Cek Protokol Kesehatan Di Tempat Ibadah

Wakil Walikota Bandung : Saat Shalat Sebaiknya Baca Surat Pendek

Kamis, 11 Juni 2020 22:50 WIB
Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana meninjau tempat ibadah di pusat Kota Bandung pasca dibukanya tempat ibadah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.
Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana meninjau tempat ibadah di pusat Kota Bandung pasca dibukanya tempat ibadah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau sejumlah tempat ibadah untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik dan benar.

Tempat ibadah yang dikunjungi berada di sekitaran pusat kota, mulai dari masjid, gereja dan vihara.

“Kita meninjau beberapa tempat ibadah, ketika kita cek ternyata memenuhi standar protokol kesehatan. Sejumlah tempat ibadah masih terus menyediakan tempat cuci tangan, bilik disinfektan, thermogun dan menerapkan physical distancing (menjaga jarak),” kata Yana  yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, saat mengunjungi Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Kamis (11/6/2020).

Baca juga : Kemendagri Perketat Protokol Kesehatan Saat Pilkada Serentak

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pekan lalu telah menginzinkan tempat ibadah kembali buka. Namun, pemerintah tetap mengimbau agar protokol kesehatan dipatuhi dengan baik dan benar. Hal itu seiring dengan dilaksanakannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional.

Yana mengungkapkan, di masjid Ukhuwah, jamaah melakukan shalat dengan menerapkan physical distancing. Namun, meskipun begitu aktifitas di masjid belum berjalan secara normal, misalnya seperti kegiatan majelis taklim, karena Pemerintah belum mengijinkan kegiatan tersebut digelar.

“Kajian dan majelis taklim, dan kegiatan keagamaan lainnya relatif lama waktunya, jadi kami sarankan jangan dulu, kalau shalat ok, tapi shalat pun sebaiknya membaca surat-surat pendek saja (jangan baca surat panjang),” imbuh Yana.

Baca juga : Patuhi Protokol Kesehatan, Ma’ruf Amin Tak Akan Gelar Open House

Kunjungan Wakil Walikota Bandung diawali dari Vihara Tanda Bhakti. Di tempat ibadah umat Budha ini, pengurus telah menerapkan standar protokol kesehatan dan pelaksanaan ibadah berjalan dengan lancar.

“Tadi kita ke vihara, memastikan standar protokol kesehatan sejak awal seperti cuci tangan, kemudian bilik desinfektan, termo gun dan pelaksanaan physical distancing. Kita harus menjamin agar aman,” tutur Yana.

Peninjauan dilanjutkan ke Gereja Katedral Santo Petrus di Jalan, Merdeka dan Gereja Bethel di Jalan Wastukandana. Di kedua gereja ini, kondisinya aman dan layak untuk melakukan ibadah bagi para jamaah.

Baca juga : Cek Protokol Kesehatan, Jokowi Pantau Pembagian BST di Kantor Pos Kota Bogor

“Pada dasarnya ingin menjaga masyarakat Bandung kalau mau ibadah merasa aman dan nyaman. Jemaah diproteksi ketat dengan standar protokol yang benar,” katanya.

Dengan begitu Yana mengaku tenang karena aturan dan imbauan dari pemerintah dijalankan dengan baik dan benar.

“Rata-rata sudah memenuhi. Aturan ini untuk keselamatan, jangan sampai ada warga yang positif (terpapar Covid-19). Makanya tadi selama meninjau kita berdiskusi untuk keamanan semua,” pungkasnya. [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.