Dark/Light Mode

Pemilihan Wali Kota Solo

Ditandemkan Sama Gibran, Wakil Wali Kota Manut Saja

Selasa, 12 November 2019 08:28 WIB
Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petahana Wakil Wali kota Solo, Achmad Purnomo siap berpasangan dengan siapa saja. Termasuk dengan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2020. Dia manut apapun putusan partai.

Purnomo menyerahkan sepenuhnya ke partai siapapun pasangannya di Pilkada Kota Solo tahun depan. Termasuk bila berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

“Banyak sekali kemungkinannya, Gibran berpasangan dengan saya. Sebagai kader partai dan diberikan tugas harus siap. Saya akan tunggu hasil rekomendasi dari DPP PDIP,” kata Purnomo di Solo, kemarin.

Baca juga : PDIP-Gerindra Godok Calon Wakil Walikota

Dirinya bukan mencalonkan, melainkan dicalonkan partai. Tapi, mekanisme partai akan tetap dipatuhinya termasuk bunyi rekomendasi dari DPP terkait pasangannya di Pilkada 2020.

“Nanti perintah dari partai kepada saya apa. Saya belum ada komunikasi dengan Gibran. Saya hanya pernah bertemu saat melayat ibunda salah satu anggota DPRD Kota Surakarta, beberapa waktu lalu,” katanya.

Disinggung soal aktivitas blusukan Gibran ke sejumlah tempat, Purnomo menganggap itu biasa saja. Tujuannya mengenalkan diri agar dikenal masyarakat. “Sebagai Wakil Wali Kota, saya sudah setiap hari blusukan ke kampung-kampung di Solo. Yang terpenting menjalankan tu gas sepenuh hati,” katanya.

Baca juga : Pertamina EP Bantu Selamatkan Satwa Langka Asal Aceh Tamiang

Sementara, Ketua DPC PD IP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, tugasnya sudah selesai dari penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwakot Surakarta 2020. “Dari anak ranting, PAC PDIP, dan hasil rapat DPC sudah selesai. Yang muncul adalah pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa,” paparnya.

Pihaknya sudah mengirimkan rekomendasi pasangan calon itu ke DPP PDIP. Bahkan, dilengkapi tanda tangan anak ranting, PAC, dan DPC PDIP Kota Surakarta.

“Tugas saya untuk menjaringan sudah selesai,” tandasnya. Diketahui, peluang Gibran ikut Pilkada Kota Solo masih terbuka lebar, kendati DPC PDIP Solo sudah merekomendasikan pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa Di Pilkada Solo 2020.

Baca juga : Puan: Gibran Masih Punya Kans Nyalon

Bahkan, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani di gedung DPR akhir Oktober lalu mengatakan, Gibran masih memiliki kesempatan maju di Pilkada Solo, sama seperti calon lainnya. Asalkan, mau mengikuti mekanisme partai. Mekanisme dimaksud adalah mereka yang ingin maju pilkada harus mengikuti mekanisme berjenjang, mulai dari pendaftaran hingga fit and proper test di internal PDIP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.