Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPAI: Secara Perlahan Posyandu Segera Aktif Kembali

Senin, 22 Juni 2020 09:00 WIB
Komisioner KPAI Jasra Putra tengah menjelaskan peran penting Posyandu dalam menjaga kesehatan anak. (Foto: Istimewa)
Komisioner KPAI Jasra Putra tengah menjelaskan peran penting Posyandu dalam menjaga kesehatan anak. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengapresiasi kegiatan penyaluran 200 paket bantuan sosial untuk anak yang diinisiasi Seknas Penanganan Dampak Covid-19 untuk Buruh Perempuan dan Anak.

Kegiatan ini berlangsung di Posyandu 15 RW 01 Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur. Adapun jenis bantuannya terdiri dari susu, biskuit, madu, telur rebus, dan bubur kacang hijau.

Jasra Putra mengatakan Posyandu merupakan lokasi yang paling nyaman bagi anak-anak untuk memeriksa kesehatan setiap saat. Ia berharap secara perlahan, posyandu segera kembali dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga : Sinergitas Lembaga Perbenihan Perkuat Kualitas Benih

Dia mengaku kesehatan anak berkurang seiring tutupnya Posyandu imbas dari penyebaran pandemi Covid-19. Padahal jika posyandu tidak segera aktif kembali, dibeberkan Jasra, maka akan memperbesar korban anak-anak dalam situasi covid.

Untuk itu peran Posyandu sangat penting di tengah situasi saat ini. "Karena bila terjadi positif covid anak-anak harus didampingi selalu, dan rentang cluster penularan akan lebih luas. Artinya Posyandu harus aktif dan mulai bisa membangun cara kerja baru di masa covid," kata Jasra Putra dalam keterangan rilisnya, Jakarta, Minggu (21/6).

Dia menilai urusan anak harus didahulukan dan tidak boleh dinomorduakan. Hak memperoleh pendidikan, hak mendapatkan kesehatan, hak mendapatkan nutrisi yang seimbang harus berjalan bersamaan. "Tidak mungkin dikurangi salah satunya. Bicara anak harus hari ini, kalau besok lain lagi kebutuhannya," jelas Jasra.

Baca juga : Hanura: Suara Rakyat Jangan Hangus, Harus Terwakili

Meski acara ini hanya menghadirkan 10 anak, namun bagi Jasra dukungan sesama anak akan menguatkan partisipasi mereka untuk peduli hidup bersih dan sehat.

Untuk itu ia sangat mengapresiasi pola yang dikembangkan Posyandu Terate Putih dalam mengaktifkan kembali layanannya.

Di kesempatan yang sama, perwakilan Seknas Penanganan Dampak Covid 19 untuk Buruh Perempuan dan Anak, Ilma Sovri Yanti mengatakan, kondisi anak-anak di masa pandemi butuh perhatian dan edukasi. Untuk itulah diselenggarkaan dapur gizi dan nutrisi untuk anak sebagai media agar mereka ingat tentang pentingnya menjaga kesehatan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.