Dark/Light Mode

833 Perdagang Pasar Positif Covid-19, Jakarta Terbanyak

Senin, 6 Juli 2020 13:04 WIB
Suasana di pasar/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Suasana di pasar/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat ada penambahan baru 65 kasus positif Covid-19 baru di pasar tradisional. Sebanyak 3 pedagang dilaporkan meninggal dunia akibat Covid-19.

Ketua Bidang Organisasi DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib mengatakan, secara keseluruhan, kasus positif pedagang pasar tradisional telah mencapai mencapai 833 dan 35 pedagang meninggal dunia. Ada pun kasus positif tersebut tersebar pada 164 pasar di 24 provinsi serta 72 kabupaten/kota di indonesia. Dengan jumlah kasus terbanyak masih di wilayah DKI Jakarta, yaitu 217 kasus positif di 37 pasar.

Baca juga : Positif Covid, Dirut RS Puri Raharja Bali Meninggal Dunia

Najib menilai, banyak hal yang perlu dievalusi bersama. Bukan hanya pemerintah daerah, para pedagang pasar juga perlu mengevaluasi apa yang sudah  dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pasar tradisional. "Bukan hanya pemerintah daerah tetapi juga kami para pedagang pasar juga perlu mengevaluasi atas apa yang sudah kami lakukan beberapa saat terakhir," katanya, dalam keterangayang diterima redaksi, Senin (6/7).

Menurutnya, peran pemerintah daerah atau pengelola pasar menjadi sangat penting untuk dalam pencegahan penyebaran Covid-19. IKAPPI melihat dari data 164 pasar dari total keseluruhan 14 ribu pasar di Indonesia, itu sangat kecil.

Baca juga : Diberi Kefir Kolostrum, Tenaga Medis Kota Bandung yang Positif Covid-19 Cepat Pulih

Najib mengungkapkan, sudah lebih dari 500 pasar yang telah melakukan rapid test maupun swab test massal. Tapi, akan lebih maksimal lagi jika rapid test dan swab test dipadukan dengan upaya memangkas mata rantai penyebaran, serta  lebih meningkatkan kedisiplinan pedagang dan pengunjung. "Upaya-upaya seperti ini yang harus kita dorong bersama, agar ada kesamaan pandangan dan visi bahwa kita harus menghentikan penyebaran Covid-19 di pasar tradisional," jelasnya.

Selain itu, kata Najib, melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan masker dan juga edukasi bahaya Covid-19. Ia meminta, pedagang harus dilibatkan dalam penentuan segala kebijakan yang diambil. "Untuk terciptanya kesadaran diri dari pedagang yang dimulai dari keterlibatannya terhadap program yang dijalankan oleh pemerintah daerah," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.