Dark/Light Mode

SBY Bikin Tembang Jawa, Spesial Untuk Ibu Ani

Selasa, 7 Juli 2020 15:25 WIB
SBY Bikin Tembang Jawa, Spesial Untuk Ibu Ani

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga besar meluangkan waktu untuk berziarah ke makam istrinya, almarhumah Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (6/7). Memperingati hari ulang tahun Ibu Ani, yang jatuh pada tanggal 6 Juli 2020. Masih dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun istri tercintanya, pada hari ini, SBY meluncurkan tembang berbahasa Jawa yang berjudul “Gunung Limo” melalui video yang diposting di akun Instagram “Ani Yudhoyono In Memoriam”, @aniyudhoyono.

"Lirik dan nadanya, saya yang ciptakan. Sedangkan musik dan lagu, diaransemen dan dinyanyikan oleh musisi lokal berbakat asal Trenggalek, Jawa Timur, Rofik Ali," tulis SBY dalam akun Instagram tersebut, Selasa (7/7). 

Gunung Limo merupakan satu obyek keindahan alam di Kota Pacitan, yang merupakan tempat kelahiran SBY. Dalam tembang ini, SBY mengenang kembali kenangan manisnya di Gunung Limo bersama teman-teman mendakinya. Di Gunung Limo ini, juga tersisa kenangan indah bersama almarhumah Ibu Ani. [FAQ]

Baca juga : Bareng Kanwil Kemenag Jatim, LDII Sosialisasikan UU Pesantren


"Saya terinspirasi membuat sebuah lagu untuk mengabadikan kenangan manis saya di Gunung Limo tersebut," ungkap SBY.


Proses pembuatan lagu ini terbilang singkat. Mixing lagu dan suara dilakukan di studio sederhana milik Rofik Ali di Trenggalek Jawa Timur. Termasuk video klip dari lagu ini dibuat sederhana menggunakan handphone dan dilakukan sepenuhnya oleh Rofik Ali dari kaki Gunung Limo, Pacitan.


"SBY sungguh berharap agar masyarakat dapat menikmati tembang Jawa yang diciptakannya ini," ungkap Ossy Dermawan

Baca juga : Menkeu Tetapkan 4 Bank BUMN Untuk Pulihkan Ekonomi

Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 ini.


Video yang diunggah akun @aniyudhoyono di Instagram hingga siang ini telah ditonton lebih dari 41 ribu orang. Di awal video berdurasi sekitar 7 menit ini, SBY menjelaskan kondisi alam Pacitan dan Gunung Limo. Di tengah, lagu ciptaan SBY pun dinyanyikan dengan apik Rofik Ali.


Berbagai komentar positif warganet pun membanjiri unggahan ini. "Masya Allah Pak SBY. Lagunya indah banget. Sehat selalu Pak SBY," tulis @ajeng_cute16 disambut doa @ama_alghariby. "Semoga bapak sehat selalu dan bahagia dunia akhirat." FAA

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.