Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Didukung Mensos, Menantu Wapres Siap Jadi Ketua Umum Karang Taruna Nasional

Minggu, 12 Juli 2020 18:52 WIB
Anggota DPR Dari Fraksi Nasdem Muhammad Rapsel Ali
Anggota DPR Dari Fraksi Nasdem Muhammad Rapsel Ali

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Ketua Umum Karang Taruna Nasional akan berlangsung dalam waktu dekat. Sejumlah nama sudah bermunculan sebagai calon ketua.  Salah satunya, Anggota DPR Muhammad Rapsel Ali.

Rapsel dianggap salah satu figur yang tepat memimpin organisasi kepemudaan itu. Rapsel juga dikenal aktif di berbagai organisasi.

Selain Karang Taruna, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini bakal mengemban tugas baru sebagai manajer tim Indonesia yang akan turun di ajang MotoGP. 

Keputusan Rapsel untuk maju dalam bursa ketua Karang Taruna setelah berkoordinasi dengan Menteri Sosial, Juliari Batubara.

Sebagai kementerian yang menaungi Karang Taruna, Juliari menilai organisasi kepemudaan butuh sosok pekerja keras yang bisa menjadi penghubung dengan berbagai sektor khususnya di pemerintahan.

Baca juga : Dukungan Menguat, Menantu Wapres Akan Maju Pimpin Karang Taruna

“Rapsel sosok yang tepat. Kita akan mengawal pemilihan ketua secara fair dan terbuka,” tutur Juliari, Minggu (12/7).

Dukungan untuk Rapsel juga datang dari Ketua Karang Taruna Sulsel, Farouk Mappaseling Betta. Menurut dia, Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda membutuhkan sosok seperti Rapsel.

Menantu Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin itu menurutnya punya banyak pengalaman dalam memimpin organisasi.

“Saya kenal beliau, dan saya tahu karakter Pak Rapsel dalam memimpin organisasi, dan saya yakin Karang Taruna (Nasional) butuh figur seperti Rapsel,” kata Farouk.

Bicara organisasi dan kepemimpinan, Rapsel memang kenyang pengalaman. Politikus Partai NasDem itu merupakan Mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Provinsi Sulawei Selatan dan juga ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri Indonesia (Ardin) Provinsi Sulawesi Selatan, dan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo).

Baca juga : Pakistan Siap Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Dunia

Rapsel banyak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan, termasuk bergabung dengan Perkumpulan Pemilik Senjata Beladiri Indonesia (Perlisindo), sejak 2019 hingga sekarang menjabat sebagai Ketua Umum.

Rapsel juga menjadi Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan menjabat Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009. 

Namun, Farouk menegaskan bahwa kapabilitas dan pengalaman memimpin organisasi bukan penentu utama keterpilihan seseorang. Menurut Mantan Ketua DPRD Makassar tersebut, ada pemilik suara yang harus diyakinkan.

“Pada saatnya nanti, semua berpulang kepada floor,” jelas Farouk.

Nama Rapsel sebagai calon ketua umum muncul seiring kabar Karang Taruna akan menggelar Lokakarya dan Temu Kader Nasional pada 20 Juli mendatang.

Baca juga : Sembawa Jadi Penyangga Pangan Nasional

Informasi yang berkembang, kegiatan ini juga akan mengagendakan pemilihan Ketua Umum Karang Taruna Nasional.

Saat ini, Posisi Ketua Karang Taruna Nasional yang berdiri pada 26 September 1960 itu dijabat Didik Mukrianto, Politikus Partai Demokrat. Didik menjabat Karang Taruna untuk periode 2015-2020. Sama seperti Rapsel, Didik juga tercatat sebagai anggota DPR. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.