Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HKTI Dukung Kerja Mentan Capai Kedaulatan Pangan

Kamis, 18 Juni 2020 10:45 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) diapit Moeldoko (kanan) dan Fadli Zon di Jakarta, Rabu (17/6)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) diapit Moeldoko (kanan) dan Fadli Zon di Jakarta, Rabu (17/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah berjalan dengan idealisme masing-masing, kini Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) berjalan beriringan mendukung kedaulatan pangan bangsa Indonesia dengan dirjen yang dipimpin oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, HKTI bersama Fadli Zon sepakat bersatu padu membangun pertanian Indonesia yang semakin kokoh dan memikirkan petani Indonesia. 

“Kami melaporkan ke Menteri Pertanian atas perkembangan kondisi terakhir HKTI, dan kami bersepakat dengan Pak Fadli Zon untuk bersatu padu membangun petani dan pertanian Indonesia yang semakin kokoh, dan betul-betul memikirkan petani dan pertanian Indonesia," kata Moeldoko saat menghadiri pertemuan bersama para pimpinan HKTI di Ruang Kerja Menteri Pertanian, Kantor Kementan, Rabu (17/6).

Moeldoko menerangkan, di bawah arahan Mentan bersama-sama membangun sinergi serta terlibat secara langsung, sehingga kehadiran KHTI memberikan nilai tambah bagi petani dan pertanian Indonesia.

Baca juga : Dukung Penanganan Covid, AP II Siapkan Inovasi Layanan Kesehatan di Bandara Soekarno Hatta

Selain itu, HKTI juga akan memperkuat sinergi guna memikirkan langkah-langkah strategis untuk membangun petani dan pertanian Indonesia.

“Dalam diskusi tadi, ada 3 sampai 5 bulan ke depan kita bersama mengambil langkah-langkah konkrit di lapangan, apa yang akan dilakukan secara maksimal," tambahnya. 

Sementara, Mentan SYL mengungkapkan optimismenya terhadap sinergi HKTI dapat mendukung perkembangan pertanian Indonesia. Menurutnya,sinergi antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan HKTI menjadi rahmat bagi negara, bagi petani, dan juga sesuatu keberuntungan untuk Kementan.

“Karena biar bagaimanapun, Kementerian Pertanian sebagai kementerian teknis hanya bisa bergerak kalau infrastruktur pertanian hadir di tengah-tengah kehidupan yang ada. Dan salah satu infrastruktur itu adalah HKTI", terang Mentan.

Baca juga : Kaum Muda Perempuan Harus Siap Raih Tongkat Pimpinan Bangsa

Mentan menambahkan, untuk menggerakkan pertanian Indonesia yang kuat, pertanian harus memiliki social engineering dalam bentuk peranan fungsional dari HKTI yang diharapkan dapat mendorong akselerasi kekuatan pangan nasional. 

Sementara, Fadli Zon mengungkapkan harapannya HKTI dapat menyelesaikan dualisme kepemimpinan untuk memajukan pertanian Indonesia.

“Dengan pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan berikutnya. Kita mengakhiri dualisme HKTI selama sepuluh tahun sebagai stakeholder pertanian," ucapnya.

Ke depan bisa bekerja sama untuk memajukan sektor pertanian memakmurkan petani itu pada intinya. Sebagai mitra strategis dari pemerintah, masalah ini akan selesai kalau ada kerja sama dari semua pihak. 

Baca juga : BGR Logistics Mantapkan Aplikasi Kebutuhan Pangan

“HKTI sebagai organisasi petani yang menyerap aspirasi semua petani, kita menjaga pangan ke depan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini," tutup Fadli. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.