Dark/Light Mode

Webinar Rakyat Merdeka dan SRE ITB Dibanjiri Lebih Dari 20 Ribu Pendaftar

Jumat, 31 Juli 2020 20:46 WIB
Halaman pendaftaran Webinar Rakyat Merdeka bersama Society of Renewable Energy (SRE) ITB (Foto: Tangkapan layar)
Halaman pendaftaran Webinar Rakyat Merdeka bersama Society of Renewable Energy (SRE) ITB (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Antusiasme generasi milenial pada energi baru dan terbarukan rupanya sangat tinggi. Mereka menjadi mayoritas pendaftar pada acara webinar tentang energi baru terbarukan yang digelar Rakyat Merdeka berkolaborasi dengan Society of Renewable Energy (SRE) ITB, Bandung. Webinar akan berlangsung selama tiga hari yaitu Senin, Rabu dan Jumat (10, 12 dan 14) Agustus 2020 melalui platform Webinar Jam. Secara khusus, acara ini juga dipersembahkan Rakyat Merdeka untuk ikut menyemarakkan peringatan HUT RI ke-75. 

Webinar generasi milenial yang peduli pada energi baru terbarukan ini sampai kemarin sudah dibanjiri pendaftar. Tercatat lebih dari 20 ribu peserta yang mendaftarkan diri menjadi partisipan dalam tiga hari webinar yang tema besarnya: Transformasi Melintasi Batas Generasi, Tetap Optimis Di Tengah Krisis. 

Jumlah 20 ribu adalah akumulasi dari pendaftar webinar. Yang sampai tadi malam tercatat sebagai berikut, yaitu webinar pertama 10 Agustus (8.574 pendaftar), webinar kedua 12 Agustus (7.985 pendaftar) dan webinar ketiga 14 Agustus (8.521 pendaftar).

Baca juga : Penumpang Pesawat Melonjak, AirAsia Jual Lebih dari 19 Ribu Tiket dalam Sebulan

Menteri ESDM Arifin Tasrif akan menjadi keynote speaker dalam acara tersebut, dan menyampaikan paparan tentang Potensi Energi Terbarukan di Tengah Badai Covid dan Tantangan Masa Depan di Tangan Generasi Milenial.

Selain Menteri ESDM, narasumber lainnya adalah Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. Khusus di hari terakhir, diisi paparan Ignasius Jonan, yang akan ngobrol santai virtual dengan milenial bertema: Berbagi Energi Positif Untuk Generasi Milenial Indonesia. Jumlah participan-nya sangat banyak. Melebihi kapasitas dan targetnya. Milenial rupanya sangat antusias, ingin mendengar cerita dari Menteri Perhubungan (2014-2016), Menteri ESDM (2016-2019) dan Komisaris Unilever Tbk ini. 

Total registran sebanyak ini di luar perkiraan panitia. Sebab, link pendaftaran baru dibuka pada Rabu (29/7), tetapi dalam waktu tiga hari participants yang mendaftar sudah melebihi target. 

Baca juga : PUPR Sebar Air Bersih Dan Alat Berat Atasi Banjir di Luwu Utara

Zagy Yakana Berian, Founder SRE ITB, kaget dengan banjirnya pendaftar. Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB angkatan 2016, dan baru saja lulus  bulan lalu itu menyatakan sangat senang dengan antusiasme pendaftar. Jones Napoleon, web developer SRE ITB, menyatakan sebanyak 80-an persen pendaftar adalah mahasiswa baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tercatat, mereka berasal dari 150 kota di Indonesia (4 kota terbesarnya yaitu Bandung, Surabaya, Jakarta dan Depok). Serta mahasiswa dari 40 kota di luar negeri.

Zagy menyebut, selain ITB, acara tersebut juga didukung oleh kawan-kawan mahasiswa komunitas SRE dari UI dan ITS.

Direktur Rakyat Merdeka, Kiki Iswara Darmayana juga tidak menduga, ternyata banyak sekali milenial yang peduli dan tertarik pada pengembangan energi baru terbarukan. “Ini akan jadi aset berharga bagi pemerintah dan stakeholder terkait, untuk bisa memanfaatkan potensi milenial pada bidang ini,” katanya.

Baca juga : Perkuat Kerukunan, Pendekatan Dialog Harus Lebih Masif

Karena jumlah pendaftar telah melebihi target, maka mulai Jumat (31/7), pendaftaran telah ditutup. Panitia mengucapkan terimakasih kepada peserta yang sangat antusias mengikuti acara ini. Milenial atau partisipan lainnya yang ingin menyaksikan acara ini bisa bergabung melalui streaming di jejaring media sosial Rakyat Merdeka, melalui Facebook, Instagram dan Youtube Rakyat Merdeka TV. [NAN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.