Dark/Light Mode

Alat Pendeteksian Corona Ini Diklaim Lebih Aman dan Bebas Risiko Penularan

Senin, 23 Maret 2020 23:01 WIB
Cara kerja Hikvision Thermal Camera for Corona. (Grafis: Dok. Hikvision)
Cara kerja Hikvision Thermal Camera for Corona. (Grafis: Dok. Hikvision)

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus Corona alias Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. WHO telah menyatakan virus Corona sebagai pandemi global. Atas hal ini, banyak fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal dan lainnya melakukan regulasi yaitu setiap orang yang masuk harus di cek suhu tubuh menggunakan thermo gun yang dilakukan petugas keamanan atau petugas yang berjaga di tempat tersebut.

Tapi, apakah dengan cara itu aman untuk semua orang? Petugas keamanan memiliki risiko tinggi tertular karena thermo gun yang digunakan dalam jarak dekat. 

Baca juga : Bantu Penanganan Corona, PGN Salurkan Gas Ke Wisma Atlet Kemayoran

Menyikapi masalah tersebut, produsen brand Security & Surveillance asal Tiongkok, Hikvision, berinovasi untuk menemukan solusi cerdas untuk mencegah penyebaran Corona. Hikvision dan BIGI.ID bekerja sama untuk mengenalkan produk inovasi terbarunya. Produk tersebut diberi nama Smart Solution.

“Smart Solution dari Hikvision yaitu Hikvision Thermal Camera for Corona, kamera thermal genggam, yang dirancang khusus untuk pengukuran suhu tubuh. Dilengkapi dengan detektor termal resolusi 160 × 120. Membantu mendeteksi demam dengan cepat. Fungsi thermografi mendeteksi suhu realtime dengan tingkat akurasi plus minus 0,5°C dan menampilkannya di layar,” ujar Nicko Christian, Persident Director of BIGI, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (23/3).

Baca juga : Letjen Doni: Corona Tak Kenal Suku, Agama dan Ras, Bisa Serang Siapa Saja

Hikvision Thermal Camera for Corona ini bisa di letakkan dengan bantuan tripod atau penyangga. Sehingga tidak membutuhkan bantuan orang untuk menggenggamny. Alat ini dapat mendeteksi dengan jarak antara 0,8-1,5 meter. Sehingga meminimalisir risiko penularan terhadap petugas keamanan maupun pengunjung lainnya. 

“Alat ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada pintu masuk shopping mall, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya,” tambah Nico.

Baca juga : KAI Atur Jarak Antri dan Batasi Kapasitas Penumpang Kereta

Selain teknologi itu, Hikvision Thermal Camera for Corona dilengkapi dengan kartu memori untuk menyimpan foto yang direkam dan data penting yang dapat digunakan langsung tanpa perlu instalasi khusus. “Terlihat jelas bagaimana Hikvision mengutamakan keamanan dan keselamatan di saat banyak orang masih memburu thermo gun konvensional yang nyatanya tidak terlalu aman. Adanya Hikvision Thermal Camera for Corona ini memberikan kemanan dan pencegahan maksimal di tengah maraknya penyebaran virus ini,” tutupnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.