Dark/Light Mode

Bicara Republik Mafia Indonesia

Amien Bikin Panas, Istana Masih Adem

Rabu, 19 Agustus 2020 05:52 WIB
Amien Rais (Foto: Instagram/amienraisofficial)
Amien Rais (Foto: Instagram/amienraisofficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amien Rais kembali melontarkan kritikan keras ke pemerintah. Dia menyebut, negeri ini pantas disebut republik mafia Indonesia. Pernyataan Amien ini bikin panas. Namun, pihak Istana adem aja. Bahkan ogah menanggapi pernyataan Amien.

Pernyataan Amien itu tayang di video ke-6 yang diunggah di akun Instagram dan YouTube-nya, kemarin. Video berdurasi 14 menit 25 detik itu diberi judul: Tunduk pada mafia. Dalam keterangan video, total ada 14 video yang akan dirilis ke platform media digital itu. "Kita mulai lagi masalah ke-6," ucap Amien di video itu.

Baca juga : Jokowi Ajak 267 Juta Rakyat Indonesia Ikuti Peringatan HUT RI

Mantan Ketua MPR itu kemudian mengurai satu-persatu praktik mafia yang menurutnya telah merasuki hampir di semua level pemerintahan dan lembaga penegakan hukum. "Ada kelakar politik yang terdengar sangat sinis supaya RI, Republik Indonesia diganti menjadi RMI, Republik Mafia Indonesia," celotehnya.

Selain mafia, Amien juga memakai diksi taipan dan cukong. "Diganti menjadi Republik Taipan Indonesia, RTI. Atau Republik Cukong Indonesia, RCI," lanjutnya.

Baca juga : Angkasa Pura I Berusaha Konsisten Jaga Pelayanan Berstandar Internasional

Ia beralasan, saat ini kelompok mafia telah menancapkan taring berbisanya di hampir di seluruh kehidupan nasional. "Peran mereka makin lama makin kuat," kata dia.

Menurut Amien, pemerintah dan lembaga-lembaga penegak hukum tidak lagi bebas membela kepentingan bangsa dan rakyat. "Karena selalu ada intervensi para mafioso, para taipan, dan cukong," tudingnya.

Baca juga : Saraswati Dukung Inovasi Milenial Hadapi Pandemi

Ia lalu menyitir pernyataan salah seorang pengamat dunia mafia yang menyatakan bahwa fokus tunggal mafia hanya satu, yaitu uang. "The mafia at its core is about one thing, money," kutipnya.

Menurut Amien, mafia adalah sebuah kelompok pelaku kejahatan yang terorganisir dalam melakukan kejahatan. Mereka, sebutnya juga menyatu di sel-sel kekuasaan sebuah rezim untuk meraih tujuan. "Para mafioso itu kadang pelindung dan dilindungi oleh kekuasaan. Tetapi tidak jarang sebaliknya dapat mendikte kekuasaan," lanjut Amien.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.