Dark/Light Mode

Cetak SDM Unggul, Taput Percepat Pembangunan PTN

Rabu, 2 September 2020 05:05 WIB
Bupati Taput , Nikson Nababan
Bupati Taput , Nikson Nababan

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain lumbung pangan, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan dibangun di Tapanuli Utara. PTN diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia unggul yang dapat menggerakan ekonomi daerah.

Keberadaan PTN juga untuk mendukung Kawasan Danau Toba  menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengatakan, rencana pembangunan PTN merupakan impiannya dan harapan masyarakat Tapanuli. 

Baca juga : Bioteknologi Modern Diyakini Percepat Pembuatan Vaksin

“Saya sudah mengirimkan surat ke presiden Jokowi soal pembangunan PTN ini. Mudah mudahan pembangunan PTN bisa secepatnya diwujudkan untuk masyarakat Taput,” ujar Nikson, Selasa (1/9). 

Ia mengatakan, PTN  ini akan menjadi trigger bagi sektor pariwisata di wilayah Taput.  

“Adanya, PTN akan menarik ribuan orang yang datang ke Taput dari luar untuk kuliah. Keberadaan mahasiswa nantinya akan mendorong laju ekonomi di Ibu Kota Tarutung,” tegasnya

Baca juga : Mendes PDTT: Libatkan Perempuan dalam Pembangunan Desa

Didukung Garda Muda Taput 

Saat ini, dukungan pendirian PTN Tapanuli Raya (Untara) terus mengalir dalam upaya memajukan kualitas SDM dan perekonomian masyarakat. 
Kali ini, dukungan datang dari Garda Muda Tapanuli Utara, Anugrah Sastra Ompusunggu yang juga merupakan putra daerah.

“Sebagai kaum milenial kami menilai Untara menguntungkan bagi calon calon mahasiswa yang berasal dari regional. Tapanuli tidak perlu jauh jauh lagi kuliah ke luar kota atau ke medan.” ujar Anugrah.

Baca juga : Sektor Perumahan Diyakini Percepat Pemulihan Ekonomi

Untara ini akan mendorong peningkatan status perekonomian masyarakat serta mengentaskan kemiskinan di Tapunuli.

“Calon mahasiswa yang akan datang ke Tapanuli akan menguntungkan perihalnya perputaran uang masyarakat akat meningkat di wilayah tersebut dan tidak lagi keluar. Di sisi lain masyakat juga dapat meningkatkan jasa pemeliharaan parawisata yang tak kalah indahnya ini”ujar Anugrah. 

Sampai saat ini Tapanuli Utara memiliki sejumlah perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Tapanuli Utara, Universitas Sisingamangaraja XII, IAKN Tarutung, dan STAKPN Tapanuli Utara. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.