Dark/Light Mode

Mulai Hari Ini, Sampai Kamis

25 Orang Masih Positif Covid, KPK Lanjutkan Swab Test

Senin, 7 September 2020 08:47 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/RM)
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan, sejak dilaksanakan tes swab RT-PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction) di lingkungannya pada bulan Juli hingga Agustus 2020, ada 44 orang yang positif Covid-19. Dari jumlah itu, 19 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

"Kondisi saat ini, yang positif ada 25 orang," ungkap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (7/9).

Ali merinci, dari 25 orang yang positif Covid,  22 di antaranya tengah menjalani isolasi mandiri. Seorang lagi menjalani perawatan di ICU RS Polri Kramat Jati. Sementara dua orang sisanya, yang merupakan tahanan KPK, ditangani berbeda.

Baca juga : 37 Positif Covid, 243 Langgar Protokol Kesehatan

"Satu orang dilakukan isolasi mandiri di Rutan KPK Kavling C1, dan satu orang dirawat di RS Polri Kramat Jati Jakarta," bebernya.

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungannya, komisi antirasuah kembali mengadakan tes swab RT-PCR kepada seluruh pegawai dan pihak-pihak terkait yang bekerja di lingkungannya.

Tes dimulai sejak hari ini, Senin (7/9) hingga Kamis (10/9) mendatang. Setiap pukul 09.00-16. 00 WIB di Aula Gedung Juang KPK Lantai 3 halaman lobi belakang gedung Merah Putih.

Baca juga : KSAD: Jangan Dirugikan, Mereka Bisa Terus Ikut Seleksi

"Bagi pegawai yang selesai melakukan tes SWAB RT-PCR wajib melakukan BDR (Bekerja Dari Rumah/WFH), hingga hasil tes diumumkan," tegas Ali.

KPK sebelumnya juga telah melakukan langkah-langkah antisipatif seperti penyemprotan desinfektan di area gedung dan ruangan kerja, serta melakukan beberapa kali rapid test dan swab test, yang diiringi dengan proses lanjutan bagi pegawai yang positif Covid-19.

Mulai dari pengaturan kapasitas jumlah pegawai dan jam kerja yang bekerja di kantor, isolasi mandiri, hingga memperketat penerapan protokol kesehatan di lingkungan komisi pimpinan Firli Bahuri Cs itu. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.