Dark/Light Mode

Mantap! PLN Berhasil Terangi 335 KK Di 2 Desa Terluar NTT

Kamis, 10 September 2020 11:15 WIB
Kegiatan penyalaan listrik secara simbolis dinyalakan perdana di Desa Kenarimbala oleh General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko bersama dengan Bupati Alor Amon Djobo pada Jumat (4/9/20). (Dok. PLN)
Kegiatan penyalaan listrik secara simbolis dinyalakan perdana di Desa Kenarimbala oleh General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko bersama dengan Bupati Alor Amon Djobo pada Jumat (4/9/20). (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN berhasil melistriki 335 Kepala Keluarga di dua desa 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia) di wilayah NTT. Warga di dua desa tersebut akhirnya bisa menikmati listrik PLN dan lebih hemat dibanding saat mereka menggunakan genset untuk penerangan listriknya.

Dua desa itu adalah, Desa Golo Lewe Kecamatan Kumus Barat, dan Desa Kenarimbala, Kecamatan Alor Timur Lau Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Desa Golo Lewe Kecamatan Kumus Barat, merupakan salah satu desa di kawasan 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia) yang berhasil dilistriki oleh PLN.

Kegiatan penyalaan secara simbolis dinyalakan perdana di Desa Kenarimbala oleh General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko bersama dengan Bupati Alor Amon Djobo pada Jumat (4/9/20).

Agustinus Jatmiko menegaskan, PLN hadir menerangi Desa Kenarimbala. Dia berharap, listrik bagi 230 KK di desa ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat.

Baca juga : Mantap Nih! PLN Beri Diskon Biaya Tambah Daya 75 Persen Untuk UMKM

"Listrik untuk kehidupan yang lebih baik. listrik untuk rakyat, listrik untuk semua,” kata Jatmiko dalam keterangan persnya, Kamis, (10/9/2020)

Menurutnya, keberhasilan melistriki desa 3T tersebut bukanlah hal mudah, penuh pejuangan untuk mencapai kedua desa tersebut karena medan yang sulit. Namun atas kerjakeras dan komitmen PLN, akhirnya kedua desa tersebut bisa teraliri listrik dengan baik.

"Penyalaan listrik dikedua desa 3T ini bukanlah kali pertama, sebelumnya, kami juga berhasil menyalakan beberapa desa dipelosok Indonesia, kami sadar, kebutuhan listrik sangatlah penting bagi warga, agar bisa meningkatkan taraf hidup masyrakat setempat" Imbuh Jatmiko.

Untuk mengaliri desa Golo Lewe, PLN membutuhkan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 3,4 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 4 kms, dan gardu 2 buah dengan kapasitas masing - masing 50 kVa, sedangkan di Desa Kenarimbala PLN membutuhkan JTM 14.21 Kms, JTR 9.75 Kms dan gardu 3 buah dengan kapasitas masing - masing 150 kVa.

Baca juga : Mantap, Ibra Semusim Lagi di AC Milan

Kepala desa Golo Lewe Alesandro Da Silva Baut mengungkapkan, warga di desa Golo Lewe memanfaatkan Genset untuk bisa menikmati penerangan dengan Biaya BBM setiap bulan sebesar Rp. 750.000,-

"Dengan adanya listrik dari PLN kami dapat menikmati terang dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan genset dimana dengan membeli token Rp. 50.000,- bisa kami gunakan lebih dari 1 bulan, dan kami dapat melaksanakan aktifitas dimalam hari dengan lebih nyaman, ungkap salah satu warga yang hadir saat acara penyalaan,” papar Alesandro.

Bupati Alor Amon Djobo menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN, Setelah penantian kata dia, akhirnya kehadiran PLN dapat memberi pelayanan terang di Desa. Masyarakat kini bisa merasakan fasilitas kelistrikan.

"Mudah - mudahan dapat memberikan harapan, sehingga masyarakat punya hidup dalam terang, dan terang hidup di dalam mereka untuk kerja lebih baik lagi," kata Amon Djobo.

Baca juga : PLN Sukses Alirkan Listrik Di 20 Desa Dan 1 Dusun Terpencil Di NTT

Dengan dilistrinya kedua desa tersebut terdapat 335 KK sudah menikmati listrik di minggu pertama bulan september, dan upaya pelistrikan daerah terpencil serta daerah 3T akan terus dilakukan PLN, Sebagai wujud PLN hadir untuk masyarakat demi membangun ekonomi dan sosial wilayah paling luar Indonesia. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.