Dark/Light Mode

Menristek Beri Apresiasi

Perangi Covid-19, PT RAPP Donasi Alkes Buatan BPPT

Rabu, 19 Agustus 2020 17:01 WIB
Menristek Bambang Brodjonegoro (kiri) saat berbincang dengan Kepala BNPB Doni Monardo disela-sela acara penyerahan bantuan PT RAPP di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (18/08).
Menristek Bambang Brodjonegoro (kiri) saat berbincang dengan Kepala BNPB Doni Monardo disela-sela acara penyerahan bantuan PT RAPP di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (18/08).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menghadiri penyerahan Donasi Alat Kesehatan (Alkes) dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) sebagai bagian dari Tanoto Foundation kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Graha BNPB, Selasa (18/8). Alkes yang diserahkan tersebut berupa PCR Test Kit buatan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Bio Farma. 

Menteri Bambang  mengapresiasi penyerahan bantuan itu. Menurutnya, bantuan itu bentuk realisasi kerja sama antara pemerintah, peneliti, dan swasta.

"Saya sangat mengapresiasi kerja sama seperti ini, merealisasikan hilirisasi produk inovasi dalam negeri hingga akhirnya bisa sampai ke masyarakat. Perwujudan triple helix antara pemerintah, peneliti, dan industri/swasta seperti inilah yang harus terus kita dorong dan upayakan. Harapannya akan semakin banyak inovasi karya anak bangsa yang dipergunakan untuk percepatan penanganan Covid-19," ungkap Bambang.

Baca juga : Awasi Anggaran Covid-19, KPK Bentuk 23 Satgas Khusus

Sementara itu, Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang mengungkapkan, pihaknya mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 bertujuan agar pandemi ini lebih cepat berakhir. Masyarakat bisa hidup aman dan sehat. 

Dia mengungkapkan sumbangan PCR test kit merupakan keterlibatan PT RAPP yang kedua, setelah pada April lalu menyumbang alat pelindung diri untuk tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan penderita Covid-19.

  “Di masa seperti ini, kita membutuhkan lebih banyak alat diagnostik yang bekerja secara efektif dan efisien dalam pengujian penyakit. Kita tidak ingin kehilangan waktu untuk penanganan dan isolasi penderita karena kurangnya alat diagnostik. Untuk itu, kami mengambil langkah konkret dengan menyumbangkan PCR test kits hasil karya anak bangsa kepada BNPB,” tutur Sihol.

Baca juga : Tes Covid-19 Di 26 Provinsi Belum Sesuai Standar WHO

Satrijo Tanudjojo, Global CEO Tanoto Foundation mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Tanoto Foundation bisa terlibat langsung mendukung pemerintah dalam memerangi COVID-19. Ia mengungkapkan dukungan ini merupakan apresiasi Tanoto Foundation terhadap riset dan inovasi anak bangsa yang telah menciptakan produk pengujian PCR ini. 

“Riset dan inovasi untuk di masa ini punya peran yang tak kalah penting dari penanganan penderita itu sendiri. Inovasi dan riset medis sejalan dengan program Tanoto Foundation di mana kami mendukung terciptanya terobosan baru dalam medis untuk untuk meningkatkan usia hidup sehat dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat,” terang Satrijo.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebutkan menerima  bantuan 10.200 unit PCR Test Kit lengkap dengan Viral Nucleic Acid Extraction Kit dan  Viral Transport Medium.

Baca juga : Masa Depan Indonesia Setelah Pandemi Covid-19 Ada di Desa

“Ketiga komponen tersebut sangat membantu untuk mengidentifikasi secara cepat kasus Covid-19. Ketiga komponen tersebut memiliki kegunaan yang saling berkaitan,” pungkas Doni. SRF

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.