Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lulus Tes Kesehatan

1.910 Orang Bakal Tes Psikologi Integritas & Kejujuran SPCP

Sabtu, 12 September 2020 16:07 WIB
Praja IPDN [Foto: Dok IPDN]
Praja IPDN [Foto: Dok IPDN]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 1.910 orang dinyatakan lolos tes kesehatan tahap I Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Selanjutnya, mereka bakal menjalani tes psikologi, integritas dan kejujuran.

Rektor IPDN, Hadi Prabowo menyatakan, 1.910 orang itu dinyatakan lulus setelah menjalani tes yang dilaksanakan oleh Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri. "Pengumuman hasil tesnya disampaikan Pusdokkes dalam rapat pleno yang digelar pada Kamis (10/9/2020) di Kampus IPDN Jakarta," katanya, kepada RMco.id, Sabtu (12/9/2020).

Baca juga : Rawan Kecurangan, BPJS Kesehatan Perkuat Teknologi Informasi

Rapat pleno penyampaian hasil tes, ujar Hadi, dihadiri oleh perwakilan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Sekretariat Jenderal Kemendagri, Inspektorat Jenderal Kemendagri, BPSDM Kemendagri, Biro Pengendalian Personil, Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri serta Panitia SPCP. Hasil tes ini kemudian diumumkan secara resmi oleh IPDN dalam website SPCP IPDN https://spcp.ipdn.ac.id/2020.

Peserta yang sebelumnya telah lulus tes SKD dan berhak mengikuti Tes Kesehatan Tahap I yakni sebanyak 3.022 orang. Namun pada jadwal yang telah ditentukan, yakni 8-9 September 2020, peserta yang hadir sejumlah 2.929 orang. Sisanya, 93 orang tidak hadir.

Baca juga : Ahli Kesehatan Masyarakat Sarankan Tes Serologi Massal, Biaya Ditanggung Pemerintah

Peserta yang telah dinyatakan lulus Tes Kesehatan Tahap I akan mempersiapkan diri untuk melalui rangkaian tes selanjutnya yakni Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran. Tes ini dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada 15-16 September 2020 di Polda masing-masing provinsi asal pendaftaran.

Seluruh rangkaian Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran mengacu kepada MoU antara Mendagri dengan Kapolri No. 119/4349/SJ dan No. NK/23/VII/2020. "Materi aspek psikologi pada tes ini meliputi kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja. Sedangkan materi pada aspek integritas dan kejujuran meliputi integritas, inovasi, kepemimpinan, transparansi, produktivitas, profesionalisme dan religiusitas," ujarnya.

Baca juga : Horee! El Real Bebas Corona

Pengumuman hasil Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran akan dilaksanakan pada 18 September 2020 di laman resmi SPCP IPDN, setelah sebelumnya hasil tersebut diserahkan oleh Ass. SDM Mabes Polri. Sebanyak 1.910 orang peserta yang dinyatakan lulus Tes Kesehatan Tahap I, nantinya harus mempersiapkan diri untuk tes selanjutnya.

Jadi, ada dua tahapan tes lagi yang harus dilalui oleh peserta. Hingga nantinya secara resmi menjadi praja IPDN yakni Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran serta Tes Pemantauan Akhir (Pantukhir). Kedua tes ini dilaksanakan oleh Mabes Polri. Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri. Sedangkan Pantukhir dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri, Pusdokkes Polri dan Panitia SPCP. "Keseluruhan rangkaian tes SPCP dilakukan secara transparan dan akuntable. Jadi masyarakat bisa memantau keseluruhan proses. Mulai pelaksanaan sampai hasil dari setiap tes yang dilakukan," jelasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.