Dark/Light Mode

Ada SPLU Di Persawahan, Petani Desa Bonto Masila Makin Produktif

Rabu, 23 September 2020 11:56 WIB
Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) menggantikan genset di persawahan Desa Bonto Masila, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Dok. PLN)
Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) menggantikan genset di persawahan Desa Bonto Masila, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN melakukan pemasangan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) menggantikan genset di persawahan Desa Bonto Masila, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pemasangan SPLU dilakukan untuk memudahkan petani dalam mengairi sawah (Pompanisasi). SPLU hadir sebagai salah satu usaha PLN untuk memberikan kemudahan pelayanan dan memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Baca juga : Kondisi Dino Pati Djalal Makin Membaik

"Para petani sekarang bisa lebih leluasa menggunakan listriknya, harapannya petani di Desa Bonto Masila bisa meningkatkan produksi beras sehingga menambah pendapatan petani jauh lebih besar," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar), Ismail Deu.

Ismail berharap, hadirnya SPLU dapat meningkatkan produksi beras dari hasil petanian warga dengan menghadirkan sumber energi yang lebih hemat dan ramah lingkungan

Baca juga : Sekda Saefullah Wafat, Kedubes Malaysia Ikut Berduka

Hasyim, petani sekaligus warga Bonto Masila menceritakan selama 4 tahun dirinya menggunakan genset untuk mengairi sawah. Kehadiran SPLU dari PLN membuat biaya operasional lebih efisien dibandingkan genset.

"Biasanya kami menggunakan 100 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan biaya mencapai Rp 940.000 untuk mengaliri air ke sawah, namun saat ini kami hanya menggunakan 60 kwh saja sudah masuk pengairannya, biayanya hanya sekitar 90 ribuan dengan daya 6600 VA," ujar Hasyim.

Baca juga : Lemah, Letih, Lesu Bisa Jadi Gejala Ringan Covid

Hasyim menambahkan penggunaan SPLU juga lebih bersih dan tidak bising di bandingkan genset jika digunakan. [JAR]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.