Dark/Light Mode

Guru Besar UGM : Covid-19 Di Indonesia Berakhir Februari 2021

Kamis, 24 September 2020 22:11 WIB
ilustrasi
ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM) Dedi Rosadi memperkirakan persebaran infeksi Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada pertengahan Februari 2021 dengan total kasus konfirmasi positif minimal 322 ribu penderita.

Baca juga : Yuk Saksikan Indonesia-Japan Online Festival 2020

"Akhir pandemi sangat bergantung pada upaya pemerintah dalam mengendalikan laju penyebaran penyakit Covid-19 ini," kata Dedi Rosadi melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis.

Baca juga : dr. Reisa: Kasus Aktif Covid-19 di Berbagai Daerah Turun

Menurut dia, berdasarkan pelacakan data terakhir dan menggunakan berbagai pendekatan pemodelan data-driven (berbasis pergerakan data), terdapat kenaikan nilai proyeksi kasus positif di akhir pandemi yang cukup signifikan dibanding rilis terakhir pada akhir Juli 2020.

Baca juga : Mantap, Timnas U-19 Indonesia Imbangi Arab Saudi 3-3

Prediksi paling optimistis, kata dia, diperoleh dengan menggunakan model hybrid kompartemen SIR-Regresi-runtun-waktu diperkirakan pandemi akan berakhir di pertengahan Februari 2021 dengan total kasus positif minimal 322 ribu penderita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.