Dark/Light Mode

Buntut Konser Dangdut, Kapolsek Tegal Selatan Dicopot

Sabtu, 26 September 2020 19:58 WIB
Kepala Humas Polri, Irjen Argo Yuwono (Foto: PMJ News)
Kepala Humas Polri, Irjen Argo Yuwono (Foto: PMJ News)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Tegal Wasmad Edi Susilo, akhirnya berbuntut pada pencopotan Kapolsek Tegal Selatan Kompol Joeharno.

Selain dicopot, Joeharno juga tengah diperiksa Propam karena diduga melakukan pembiaran dan tak mencegah konser itu.

"Kapolsek sudah diserahterimakan. Sudah diperiksa oleh Propam," ujar Kepala Humas Polri Irjen Argo Yuwono lewat pesan singkat, Sabtu (26/9).

Baca juga : Kenali Manfaat Insecure, Yang Tak Selalu Dianggap Negatif

Selain memeriksa Joeharno, Polsek Tegal Selatan juga memeriksa Wasmad Edi sebagai terlapor.

Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat soal konser itu, dengan nomor LP/A/91/ IX/2020/Jateng /Res Tegal Kota tertanggal 25 September 2020.

Polisi mendalami dugaan pelanggaran pasal 93 UU No 6/2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan serta Pasal 216 KUHP dalam konser dangdut tersebut.

Baca juga : Bantu Korban Banjir di Katingan, Polda Kalteng Siapkan 100 Personel

Dua pasal itu digunakan, lantaran konser dangdut menimbulkan kerumunan massa. Sehingga, berpotensi menimbulkan percepatan penyebaran Covid-19.

Argo menambahkan, beberapa saksi sudah dimintai keterangan dan sejumlah barang bukti juga sudah diamankan. “Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi dan terlapor Wasmad Edi Susilo," tuturnya.

Sekadar latar, konser dangdut tersebut digelar untuk memeriahkan acara pernikahan dan khitanan keluarga Wasmad di Lapangan Desa Tegal Selatan, pada Rabu (23/9), mulai pagi hingga dini hari.

Baca juga : Buntut Kebakaran, Jaksa Agung Pindah Kantor Sementara

Kompol Joeharno sendiri mengaku tak berani membubarkan konser, lantaran minimnya personel yang dimiliki. Selain itu, pihaknya juga segan untuk menghentikan paksa di tengah acara.

"Tidak elok rasanya kami naik panggung menghentikan paksa," ujar Joeharno, Kamis (24/9). [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.