Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dari Surabaya Sampai Ke Kalibata

Di Mana Ada Gatot, Di Situ Ada Bentrok

Kamis, 1 Oktober 2020 06:41 WIB
Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat ziarah ke TMP Kalibata, Jakarta, Rabu (30/9). (Foto: Istimewa)
Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat ziarah ke TMP Kalibata, Jakarta, Rabu (30/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) lahir, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo rajin manggung. Tapi sayang, selalu muncul penolakan setiap dia muncul. Di mana ada Gatot, di situ ada yang melawan. 

Terbaru, kemarin, saat menggelar acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, mantan Panglima TNI ini disambut demo.

Baca juga : Gatot Jalan Terus

Gatot bersama beberapa pensiunan TNI yang tergabung dalam Purnawirawan Pengawal Kedaulatan Negara (PPKN), melakukan ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan revolusi, di TMP Kalibata, kemarin sore. Selain para purnawirawan, ada beberapa Ormas seperti Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI), Pengacara, Jawara Bela Umat, dan Bang Japar, ikut serta. 

Rombongan Gatot sempat tertahan saat hendak memasuki kompleks pemakaman. Dandim Jakarta Selatan, Kolonel Inf Ucu Yustiana menemui mereka. Ucu menjelaskan, kalau dalam kondisi Covid-19, ada larangan untuk berkerumun. 

Baca juga : Banjir di Melawi Kalimantan Barat, Satu Warga Meninggal

Gatot, yang mengenakan baret merah plus kaos hijau dibalut jaket abu-abu gelap lengkap dengan pangkat di dada, serta masker hitam, adu argumen. Sampai membawa-bawa Sapta Marga. "Ini di makam pahlawan ya. Anda punya Sapta Marga Sumpah prajurit, Anda bertanggung jawab kepada Tuhan YME bahwa kami purnawirawan akan menghormati para pahlawan yang jadi korban G30S/PKI," tegas Gatot. 

Ucu menjawab dengan tenang. Dia menyatakan hanya menjalankan tugas agar sesuai dengan protokol kesehatan. Setelah perdebatan alot, akhirnya mereka diperbolehkan masuk dengan syarat, maksimal 30 orang. "Baik, saya hargai," ujar Gatot. 

Baca juga : Surabaya Sumbang Kematian Tertinggi

Gatot berdoa dan menabur bunga di sejumlah pusara para pahlawan revolusi. Setelah 20 menit, Gatot dan rombongan selesai. Gatot pulang. Tapi, yang lain tak langsung pulang. Para purnawirawan menyampaikan pernyataan sikap; kecewa dengan sikap petugas Polri dan TNI yang melarang dan membatasi mereka tabur bunga. Kolonel Ucu langsung menyela dan meminta mereka segera meninggalkan lokasi. "Tolong Pak, tolong," imbaunya sambil berupaya mengambil kertas yang sedang dibacakan Letjen Marinir (Purn) Suharto.

Di saat yang sama, dari pinggir jalan raya, terdengar orasi pendemo. Massa yang mengatasnamakan Aliansi Aktivis Mahasiswa Pemuda Indonesia itu sudah melakukan aksinya sejak siang. Namun, saat Gatot cs tabur bunga, mereka berhenti. Para purnawirawan yang masih ada di sana, lama-lama kesal mendengar orasi para pendemo. Mereka merasa terganggu. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.