Dark/Light Mode

Panglima TNI Dan Kapolri Sabet Penghargaan Indonesia Awards

Kamis, 8 Oktober 2020 10:01 WIB
Acara Indonesia Awards. (Foto: ist)
Acara Indonesia Awards. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis hingga dr. Handoko Gunawan menyabet penghargaan Indonesia Awards 2020. Mereka dinilai aktif memerangi Covid-19, 

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, para penerima penghargaan merupakan sosok inspiratif yang kehadirannya sangat dibutuhkan bangsa ini. "Tentunya ini mengapresiasi para tokoh-tokoh yang berbuat sesuatu bagi bangsa dan negara, khususnya di bidang-bidang tertentu, yang saat ini memang sangat dibutuhkan. Kemudian, bisa menjadi role model, contoh bagi yang lain," ujarnya di malam penganugerahan Indonesia Awards 2020, di MNC Conference Hall, Jakarta, Rabu (7/10) malam.

Lewat acara yang digelar untuk kali keempat ini, Hary berharap, bisa menginspirasi masyarakat untuk berbuat lebih baik untuk lingkungannya, bangsa dan negara. "Kalau makin banyak yang memiliki kontribusi seperti ini, tentunya bangsa kita akan menjadi lebih baik," kata pria yang telah memberikan kuliah umum di hampir 200 perguruan tinggi se-Indonesia itu. 

Seperti diketahui, Handoko Gunawan sempat mencuri perhatian netizen karena tak gentar merawat pasien Covid-19 di usia senjanya. Foto-fotonya saat berjuang melawan virus mematikan ini, viral di media sosial. Dia bahkan sempat tumbang dan menjalani perawatan beberapa hari. 

Berita Terkait : Dua Menko Jadi Juri Indonesia Awards

"Mohon mengheningkan cipta untuk 130 kolega saya yang tanpa takut melayani pasien Covid-19. Kami bukan sok jago, bukan tidak takut mati, tetapi kami tidak lupa sumpah jabatan,” ucapnya di atas panggung. 

Dia mengatakan, kematian 130 dokter akibat Covid-19 merupakan bukti nyata virus ini tak bisa dipandang sebelah mata. Pria 80 tahun ini pun mengingatkan masyarakat untuk taat dengan protokol kesehatan.

“Jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker. Mudah-mudahan dengan bersama, kita bisa memberantas Covid-19 ini dan menghilangkan kecemasan di negara kita tercinta," tuturnya yang meraih Penghargaan Khusus Bidang Kesehatan Indonesia Awards 2020.

Tak hanya Handoko, seorang dokter yang berperan besar dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air juga meraih Indonesia Awards 2020, yakni untuk kategori Tokoh Profesional. Dia adalah Andani Eka Putra, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas, Padang. Laboratorium yang dipimpinnya sudah menyelesaikan 210 ribu sampel Covid-19. 

Berita Terkait : Bersama UNIQLO, Najwa Shihab Ajak Perempuan Indonesia Berani Ekspresikan Diri

Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat berdampak pada semua sektor, terutama ekonomi. Namun, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey justru sukses membuat terobosan yang membuat ekonomi daerahnya terus berkembang di tengah pandemi.

 

Pria yang maju lagi di Pilgub Sulawesi Utara 2020 ini mengagas Program Asuransi Pertanian dan mengekspor aneka komoditas dengan membuka penerbangan kargo langsung dari Manado ke Tokyo, Jepang. Atas ide cemerlangnya ini, Olly dianugerahi Indonesia Awards 2020 untuk kategori Pertanian dan Perdagangan. 

"Terima kasih, sesungguhnya keberhasilan dan capaian kami selama ini, karena soliditas dan sinergi dengan masyarakat Sulut," katanya. 

Baca Juga : Trump Nolak Stimulus Ekonomi, Rupiah Melesat

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis meraih penghargaan untuk Tokoh Publik. [DIT]