Dark/Light Mode

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Simeulue Aceh Tak Berpotensi Tsunami

Senin, 19 Oktober 2020 20:58 WIB
Ilustrasi gempa bumi tektonik magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Provinsi Aceh yang berpusat di Kabupaten Simeulue, Senin (19/10). (Foto: BMKG)
Ilustrasi gempa bumi tektonik magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Provinsi Aceh yang berpusat di Kabupaten Simeulue, Senin (19/10). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi tektonik magnitudo 5,4 mengguncang yang berpusat di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, pada Senin (19/10).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro mengatakan gempa bumi itu terjadi Senin (19/10) sekitar pukul 16.38 WIB. "Telah terjadi gempa bumi magnitudo 5,4 dan gempa ini tidak berpotensi tsnumami," kata Djati saat dihubungi dari Kota Banda Aceh.

Baca juga : Kak Seto Minta Orang Tua Tak Bersikap Seperti Komandan

Djati menjelaskan, peristiwa gempa bumi tersebut terjadi dengan parameter sementara magnitudo 5,4 yang episenter terletak pada koordinat 2.88 Lintang Utara dan 92.22 Bujur Timur. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 kilometer arah Utara Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, pada kedalaman 10 kilometer. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Djati.

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi di bawah Pulau Sumatera.

Baca juga : Firli Terpapar Virus Tersangka

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar. Hingga hari Senin pukul 17.30 WIB, telah terjadi satu kali aktivitas gempa bumi susulan, dengan magnitudo 3,2," pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.