Dark/Light Mode

Staycation, Pilihan Terbaik Di Libur Panjang Saat Ini

Jumat, 23 Oktober 2020 21:45 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Reisa Brotoasmoro (Foto: Satgas Covid)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Reisa Brotoasmoro (Foto: Satgas Covid)

RM.id  Rakyat Merdeka - Libur panjang biasanya sudah dinanti-nanti sejak lama. Berbagai agenda liburan pun sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari. Namun, untuk sekarang ini, lebih baik tak usah plesiran dulu. Sebab, masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Potensi penularan virus Covid-19 pun ada di mana-mana.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro mengatakan, staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja bisa jadi pilihan terbaik dalam situasi ini. Di samping aman, masyarakat juga dapat mengendalikan lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan, dapat melibatkan seluruh anggota keluarga.

Baca juga : Hati-hati, Liburan Panjang Picu Pasien Positif Melonjak Nih

Staycation bisa dijadikan kesempatan menjalankan protokol kesehatan keluarga, yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). "Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk," ujar Reisa dalam keterangan persnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (23/10) yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sensasi liburan, juga tetap dapat diciptakan, meski hanya di rumah. Misalnya, melalui tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya. Bisa juga memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga. Bahkan, berolahraga bersama.

Baca juga : Catat, 5 Lokasi Ini Layani Perpanjang SIM Di Jakarta

"Nah, untuk olahraga, kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik. Yoga misalnya, senam atau mempraktekkan tips stretching dan angkat beban," lanjut Reisa.

Bila memutuskan untuk berolahraga di luar rumah, perhatikan intensitasnya. Untuk tingkat intensitas ringan, disarankan tetap memakai masker dan menjaga jarak aman.

Baca juga : Pevita Pearce, Liburan Bareng Mantan Maudy

Protokol Kesehatan

Bagi yang tetap memutuskan dengan sangat matang untuk bepergian keluar kota, pemerintah mengingatkan agar memilih moda transportasi yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti maskapai penerbangan atau kereta api. "Bagi yang memakai transportasi umum, pastikan jadwalnya sudah dipilih dari jauh hari. Agar dapat menjauhi kerumunan atau bahkan antrean panjang. Dalam perjalanan, wajib memakai masker, hindari makan atau minum, hindari mengobrol panjang di bus atau kereta." papar Reisa. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.