Dark/Light Mode

Libur Panjang, 336 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Kamis, 29 Oktober 2020 14:51 WIB
Kemacetan lalu lintas di tol saat libur panjang (Foto: Dok. Jasa Marga)
Kemacetan lalu lintas di tol saat libur panjang (Foto: Dok. Jasa Marga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga Tbk mencatat, ada 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui jalan tol pada masa liburan panjang cuti bersama ini. Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Total volume lalu lintas harian yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas new normal," katanya, dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Kamis (29/10).

Baca juga : Libur Panjang, Anies Minta Waspadai Klaster Keluarga

Heru menuturkan, distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 51,62 persen menuju arah timur. Kemudian, 26,61 persen menuju arah barat, dan 21,77 persen menuju arah selatan. Untuk arah timur, GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 100.842 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 93,7 persen dibandingkan dengan lalin new normal. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 73.078 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 53,1persen dari lalin new normal.

Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur adalah sebanyak 173.920 kendaraan, naik sebesar 74,3 persen dari lalin new normal. Sementara itu, untuk arah barat, kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah barat melalui GT Cikupa jalan tol Tangerang-Merak adalah sebesar 89.662 kendaraan, naik sebesar 11,1 persen dibandingkan dengan lalin new normal.

Baca juga : Senang-senangnya Nanti Saja Kalau Corona-nya Sudah Lewat

Tak hanya itu di arah selatan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah selatan/lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 73.347. Angka ini naik sebesar 23,6 persen daripada lalin new normal. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.