Dark/Light Mode

Libur Panjang Telah Tiba

Senang-senangnya Nanti Saja Kalau Corona-nya Sudah Lewat

Rabu, 28 Oktober 2020 05:36 WIB
Ilustrasi warga melihat satwa saat berkunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (13/9). (Foto : Rakyat Merdeka/Rizky Syahputra)
Ilustrasi warga melihat satwa saat berkunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (13/9). (Foto : Rakyat Merdeka/Rizky Syahputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 membagikan tips berlibur aman dari Virus Corona. Masyarakat diminta memperhatikan tips tersebut.

Adaenam tips yang diberikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. Dia meminta agar enam tips ini dipraktikkan bagi yang sudah merencanakan dengan matang atau ada agenda penting untuk liburan. “Perhatikan ya tips berikut,” pesan Reisa da lam keterangan pers dari Kantor Presiden, Ja karta, Senin (26/10).

Pertama, setiap orang yang akan berlibur agar mengecek kesehatan diri sendiri dan keluarga. Kedua, pilihlah hotel dan akomodasi yang menerapkan standar kesehatan tinggi.

Ketiga, hindari kontak fisik dengan orang lain dan hindari bepergian ke tempat ramai. Ke empat, masyarakat jangan keluar hotel ke tempat yang ramai dan berkerumun. Misalnya, saat mencari makan. “Manfaatkan jasa pesan antar,” ujar Reisa.

Baca juga : Libur Panjang, Warga DKI Tolong Jangan Ke Luar Kota

Kelima, tetap membawa alat-alat pribadi seperti handuk, peralatan mandi, makan, peralatan ibadah, disinfektan dan cadangan masker. Upaya itu untuk mengurangi risiko penularan dari barang-barang.

Keenam, selalu menerapkan protokol kesehatan keluarga di manapun berada. Yakni, memakai masker, menjaga jarak aman dan men cuci tangan secara rutin. “Berlibur itu merupakan aktivitas yang baik, tetapi pelaksanaannya harus bertanggung jawab,” tegas Reisa.

Libur panjang ini terkait cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 hingga 30 Oktober 2020. Dengan keputusan itu, maka ada 5 hari libur waktu libur jatuh pada 28 Oktober-1 November 2020.

Netizen menyambut baik langkah pemerintah yang memberikan tips aman dari Virus Corona selama libur panjang. Jakartafun mengaku selalu ingat pesan pemerintah supaya terhindar dari Virus Corona. “Saatnya menunggu new normal sebelum adanya vaksin,” kata Jakartafun.

Baca juga : Jokowi Minta Jajarannya Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

BNNK Sukabumi meminta masyarakat yang berlibur panjang tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Sehingga, upaya pemerintah untuk memerangi penyebaran Virus Corona lebih optimal. “Stay clean, stay safe and stay healthy together,” ujarnya memberi pesan.

“Jangan kendor dan tetap waspada,” tambah Sriyono. “Kita butuh liburan, udah bosen di rumah,” saut Bonar. Elisa Koraag meminta warga nggak perlu takut sama Covid-19 selama liburan panjang. Yang penting, jaga stamina dan terapkan protokol kesehatan.

“Yang liburan panjang jangan lupa makan- makan yang sehat, vitamin, jamu, buah-buahan. Insya Allah aman,” sambung Balbend.

Herry Purwanto mengatakan, libur panjang ditujukan untuk sedikit mengurangi beban upah yang dikeluarkan pengusaha. Juga, ditujukan supaya orang berwisata dan membelanjakan uanganya.”Betul, agar ekonomi menggeliat naik,” saut Raden Aksara.

Baca juga : Sidang Praperadilan Ditunda, Irjen Napoleon: Kalau Polri Punya Bukti Harusnya Datang

Sementara, Sniper Back mengajak warga membantu pemerintahan mengurangi angka paparan dan kematian akibat pandemi Corona. Yaitu, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dan tinggal di rumah walau libur panjang.

“Sayangi nyawa kalian, happy- happy entar aja kalau Corona sudah lewat,” saran Sniper Back. Vania menyambung. Dia menyarankan, warga yang berada di zona merah Corona tidak usah liburan. Lakukan hal yang bermanfaat dan bersih-bersih rumah saja.

MisBening meminta semua pihak waspada Covid-19 yang disebabkan libur panjang akhir Oktober 2020. Dia berharap liburan ini tidak membuat angka penyebaran virus Corona tinggi kembali. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.