Dark/Light Mode

Survei Capres Semakin Menarik

Prabowo Ditempel Ganjar, Anies Dan Kang Emil Melorot

Jumat, 30 Oktober 2020 06:23 WIB
Survei Capres Semakin Menarik Prabowo Ditempel Ganjar, Anies Dan Kang Emil Melorot

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas bursa calon presiden (capres) semakin dinamis. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang tadinya selalu mendominasi, mulai melemah. Kini Prabowo, dibayangi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hal itu tercermin dari hasil survei yang dirilis Y-Publica. Ganjar membayangi Prabowo dengan selisih 0,4 persen. Prabowo meraih 16,5 persen, sedangkan Ganjar meraih 16,1 persen.

Prabowo dan Ganjar memiliki tren elektabilitas politik 180 derajat. Prabowo melorot, sementara Ganjar meroket. Di hasil survei Maret 2020, Prabowo meraih 23,7 persen, Juli (17,3 persen), dan Oktober (16,5 persen).

Baca juga : Dalam Tempo 5 Tahun, PLN Sukses Terangi 12 Ribu Desa

“Prabowo masih menjadi calon presiden unggulan, tetapi makin ditempel ketat Ganjar,” ujar Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, dalam siaran persnya, ihwal hasil survei bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sedangkan Ganjar, trennya positif. Pada Maret 2020 sebesar 8 persen, Juli 15,2 persen, dan Oktober 16,1 persen. Tapi, Rudi menganalisa peluang Prabowo masih kuat untuk menjadi jagoan capres di Pemilu 2024.

Menilik peta politik yang ada, Prabowo tanpa pesaing di Gerindra, ditam bah partainya kini berkoalisi dengan PDIP sebagai pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Baca juga : Ganjar Hati-hati Dihajar

Meski Ganjar memiliki elektabilitas tinggi, dia masih harus bersaing dengan nama-nama top PDIP. Misalnya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, hingga Ketua DPR Puan Maharani, putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hasil menarik survei ini adalah melorotnya elektabilitas dua kepala daerah non-parpol yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, alias Kang Emil.

Seperti Prabowo, keduanya melorot di tiga bulan terakhir ini. Anies, awalnya berada pada posisi kedua dengan elektabilitas 14,7 persen turun menjadi hanya 9,7 persen dan turun lagi menjadi 8,6 persen.

Baca juga : Amerika, Apa Ada Udang Di Balik Batu

Kang Emil dari hanya 4,9 persen melonjak lebih dari dua kali lipat menjadi 12,1 persen dan kini melemah menjadi 11,8 persen.

Setelah Kang Emil di posisi ketiga, dan Anies di posisi keempat, ada mantan Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno di posisi keempat dengan tren menurun 10,3 persen-8,5 persen8,1 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.