Dark/Light Mode

Jangan Mudah Menyerah Hadapi Covid-19

Doni Harap Para Nakes Tiru Perjuangan Pahlawan

Minggu, 1 November 2020 20:17 WIB
Jangan Mudah Menyerah Hadapi Covid-19 Doni Harap Para Nakes Tiru Perjuangan Pahlawan

RM.id  Rakyat Merdeka - Para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) berperan penting melayani masyarakat yang terinfeksi Covid-19. Mereka diminta tetap bersemangat melawan Covid-19 dan menjaga kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat Seminar Nasional XVII Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety secara virtual, Jumat (30/10).

“Izinkan saya mengulangi kembali ucapan Selamat Hari Jadi IDI (Ikatan Dokter Indonesia -Red) dan Hari Dokter Nasional. Mudah-mudahan, para dokter tetap semangat dan tetap jaga kesehatan. Sehingga, bisa tetap melayani seluruh masyarakat Indonesia,” pesannya.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 itu pun mengulas perjuangan para pahlawan, yang memanggul senjata mengusir penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Capai 1.176 Orang, Kesembuhan Harian Pasien Covid-19 Di Sumbar Naik Pesat

Namun, kata Doni, saat ini para pejuang adalah dokter dan nakes lainnya. Karena mereka berjuang bersama seluruh komponen masyarakat untuk menghadapi wabah Covid-19.

“Sekaligus kami doakan, semoga para dokter yang telah gugur, telah wafat, mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan melepaskan kepergian para dokter,” kata Doni.

Mantan Danjen Kopassus TNI AD itu mengakui, sudah banyak dokter dan nakes yang menjadi korban Covid-19. Dia berharap, angkanya tidak bertambah lebih banyak lagi. “Kami harapkan kasus positif bisa berkurang, dan yang dirawat di rumah sakit tidak banyak sehingga dokter bisa relaksasi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkap hasil kunjungannya ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat tiga hari lalu.

Baca juga : Doni Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Selama Liburan

Dia memperoleh pemaparan dari Koordinator RS Darurat Covid-19 Mayjen Tugas Ratmono, bahwa okupansi tempat tidur pasien pasien di Tower 6 dan 7 mencapai 90 persen saat puncak pandemi.

Namun, berkat kerja keras komponen masyarakat, terutama wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, angka pasien yang dirawat sekarang mengalami penurunan.

“Sekarang menjadi di posisi 43,71 persen. Ini berkat kerja keras para dokter yang bergabung di rumah sakit ini dari Aceh sampai Papua,” katanya.

Selain itu Doni juga mengatakan, sebagian besar tenaga medis yang ikut berjuang melawan pandemi Covid-19 ada￾lah dokter sukarelawan yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi. Ada dokter militer dan nonmiliter.

Baca juga : Warga Jakarta Sebaiknya Tunda Mudik Dan Liburan

“Total semuanya, termasuk tenaga kesehatan lainnya itu mencapai hampir 3 ribu orang,” ungkapnya.

Doni pun berpesan kepada para dokter, agar memanfaatkan momentum ini untuk beristirahat untuk relaksasi. “Bukan cuti ya, tetapi istirahat,” tegasnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.