Dark/Light Mode

Rekrut Ribuan Relawan Contact Tracer

Satgas-Kemenkes Tingkatkan Pelacakan Kasus Covid-19...

Sabtu, 7 November 2020 06:15 WIB
Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting. (Foto: Istimewa)
Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya meningkatkan pelacakan kasus Covid-19. Kali ini dengan meluncurkan Program Penguatan Tracing, dilanjutkan dengan merekrut ribuan relawan contact tracer serta data manager.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting mengatakan, perekrutan relawan dilakukan guna menurunkan case fatality rate dan mengatasi penularan.“Ada 1.612 Puskesmas yang menjadi target penambahan 8.060 tracer se-Indonesia,” ungkapnya, Selasa (3/11).

Baca juga : Kemenhub Gerak Cepat Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Alexander menjelaskan, program kolaborasi antara Satgas dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan berjalan di 51 kabupaten/kota di 10 provinsi prioritas. Yakni Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Ka limantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua. “Ini juga mengikuti dengan task force yang dibentuk bersama Kemenkes. Karena provinsi ini adalah 10 yang prioritas dalam hal penyebaran penyakit Covid-19. Demikian juga tingkat morbiditas dan mortalitasnya,” katanya.

Menurut Alexander, 10 provinsi prioritas tersebut ditentukan berdasarkan kriteria angka penularan dan konfirmasi positif tinggi. Dia menjelaskan, petugas yang bekerja sebagai tracer adalah yang sudah terbiasa dengan survei lanc yang dipimpin Kemenkes dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/Kota.

Baca juga : Jokowi Minta Jajarannya Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Selain tracer, sambung Alexander, akan direkrut pula 2 petugas data manager untuk setiap Dinkes di 51 kabupaten/kota. Data manager nantinya akan membantu Dinkes menyusun analisis epidemiologi dan memberikan rekomendasi kebijakan terhadap pengendalian Covid-19 di wilayahnya masing-masing. “Dengan Program Penguatan Tracing ini, daerah-daerah dapat mendeteksi lebih dari 80 persen kontak erat dari kasus konfirmasi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.