Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rajinlah Cuci Tangan Pake Sabun, Hindari Covid-19 Lewat Sentuhan

Kamis, 12 November 2020 06:17 WIB
Ilustrasi cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. (Istimewa)
Ilustrasi cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mata dan mulut merupakan area di mana Vi­rus Corona dengan mudah memasuki tubuh. Netizen mengimbau setiap orang tidak sembarangan menyentuh wajah. Jangan lupa, ra­jin-rajinlah mencuci tangan pakai sabun.

Satgas Penanganan Covid-19 mengunggah meme keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anaknya. Seluruhnya menggunakan masker.

“Selain melalui udara, Virus Corona juga bisa menyebarsecara langsung melalui kontak seperti sentuhan. Karena itu, jauhkan tanganmu dari wajah agar virus tak masuk mulut, mata dan hidung,” begitu caption yang dimuat di akun Instagram.

Netizen bernama Septiani Barokah mengatakan, Virus Corona bisa masuk melalui area segitiga wajah.Yaitu, mata, hidung dan mulut. Area ini bagian yang mudah tersentuh tangan, disadari maupun tidak sadar.

“Itulah mengapa, mencuci tangan pakai sabun sangat penting,” ujarnya.

Baca juga : Joe Biden Menang, Uighur Hingga LNU Dapat Sentuhan Berbeda

William Arnold Wade menyambar. Dia bilang, virus dapat menempel pada tangan. Dia mengingatkan warga menghindari menyentuh area wajah agar Virus Corona tidak menular melalui mata, hidung dan mulut.

Kknumj.09 mewanti-wanti. Kata dia, Virus Corona yang menyebarsaat ini bisa mengakibatkan gangguan pernapasan. Virus ini bisa masuk melalui area segitiga wajah, seperti mata, hidung dan mulut.

“Itu bagian yang mudah tersentuh tangan. Disadari maupun tidak disadari,” kata dia.

Aeiyoung menyambung. Dia bilang,Virus Corona dapat masuk ke dalam tubuh melalui tiga pintu utama yang semuanya ada di area wajah, yaitu hidung, mulut dan mata. Itulah sebabnya para peneliti menyarankan agar tidak menyentuh wajah untuk menghindari penularan virus.

Om Thanos mengingatkan, Virus Corona sedang mewabah di Indonesia. Saatnya menjaga diri dan keluarga. Satu sentuhan saja bisa menularkan virus tersebut ke ratusan orang.

Baca juga : 3C, Jurus Ampuh Jepang Tangani Covid Tanpa Lockdown

“Jaga kontak fisik dan gunakan antiseptic setelah menyentuh benda-benda yang banyak disentuh orang,” saran dia. “Virus Corona menular lewat sentuhan wajah,” saut Yan.

“Hindari menyentuh wajah. Memudahkan orang untuk meminimalisir penyebaran virus,” tambah Emu.

Menurut Shery, banyak masyarakat tidak paham bahwa Virus Corona tidak menyebar melalui media udara. Virus ini menyebar dari percikan air liur, bisa menular melalui benda yang tersentuh oleh tangan dan bisa pula masuk ke mata.

“Jangan selalu menyentuh wajah dan mengucek mata,” ujar dia, mengingatkan. Nitta Rahayu menyambung. Dia bilang, tangan yang terkontaminasi droplet lalu menyentuh wajah, hidung dan mata menjadi pintu masuk penularan Virus Corona.

Yasir Munjani menimpali. Dia mengingatkan masyarakat bahwa penularan Virus Corona terjadi melalui mulut, hidung dan mata. “Maka face shield ini sangat penting peranannya,” klaim dia.

Baca juga : Airlangga Berharap Bahan Baku Vaksin Covid-19 Tiba Bulan Depan

Voice of Reason menambahkan, Virus Co­rona masuk melalui mulut, hidung dan mata. Oleh sebab itu, tangan jangan sampai menyentuh wajah, sebab mungkin membawa virus.

“Masker kain setidaknya mengingatkan agar tangan jangan sampai menyentuh wajah sebelum dicuci,” tuturnya.

Ubaidullah M mengusulkan, seharusnya bukan hanya wajah, tetapi seluruh leher ke atas. Rambut, leher dan kuping juga potensi menyimpan virus. Soalnya, perempuan sering pegang-pegang rambut. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.