Dark/Light Mode

Tingkatkan Standarisasi Platform, Ditkamsel Korlantas Polri Gelar IT Road Safety Expo

Selasa, 17 November 2020 22:00 WIB
Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri/Ketua Panitia IT Road Safety Expo 2020, Kombes Pol Arman Achdiat (Foto: Istimewa)
Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri/Ketua Panitia IT Road Safety Expo 2020, Kombes Pol Arman Achdiat (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Ditkamsel) Korlantas Polri akan menggelar IT Road Safety Expo 2020 di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, 24-26 November 2020. Kegiatan yang akan dilakukan antara lain pameran teknologi informasi (TI) digital untuk road safety, seminar IT for road safety, soft launching "RasiRosa Korlantas" (literasi road safety), dan road safety award berupa penghargaan kepada unit di Korlantas, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lalu lintas angkutan jalan yang dinilai telah berperan aktif dalam mendukung program road safety di Indonesia.

Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri yang juga Ketua Panitia IT Road Safety Expo 2020, Kombes Arman Achdiat, mengatakan, acara digelar untuk menyempurnakan standarisasi platform aplikasi dan infrastruktur teknologi informasi (TI) di Korlantas Polri. 

Baca juga : Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kadin Gelar Jakarta Food Security Summit

“Agar menjadi sistem TI yang terintegrasi untuk memberikan layanan yang prima kepada masyarakat dan menjadi bagian penting dari keberhasilan implementasi smart city di Indonesia. Selain itu, meningkatkan kualitas, kecepatan, keakuratan serta akuntabilitas upaya pencegahan dan penanganan kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan melalui penyempurnaan sistem TI terintegrasi di Korlantas Polri,” jelas Arman, di Jakarta, Selasa (17/11).

Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman semua pihak yang terkait dengan implementasi dan pemanfaatan teknologi TI di Korlantas Polri. Yang tak kalah penting, mengedukasi dan mempublikasikan kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan bahwa Korlantas Polri terus melakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan sistem TI dalam menjalankan amanah Undang-Undang (UU) Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan umum sesuai amanah UUD 1945.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan Klaim Santunan, Jasa Raharja Luncurkan SiVERA

IT Road Safety Expo 2020 rencananya akan dibuka Kapolri, Jenderal Idham Azis, serta arahan dari Kakorlantas Polri, Irjen Istiono. Adapun narasumber yang akan tampil dalam seminar IT Road Safety 2020 dengan tema "Standarisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri", antara lain Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Chryshnanda Dwilaksana, yang akan membahas manajemen integrasi sistem TI Korlantas Polri. Narasumber lainnya, Prof Kalamullah Ramli dari Universitas Indonesia sebagai dewan pengawas IdPRO yang akan mengupas tentang "Strategi Pengelolaan Big Data", serta Ketua Asosiasi Intelligent Transport System Indonesia, Prof Resdiansyah.

Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Chryshnanda Dwilaksana, berharap, seminar ini bisa menghasilkan pengembangan sistem informasi terpadu di antara direktorat jajaran. “Digitalisasi sistem pelayanan terpadu tidak bisa ditawar-tawar lagi. Untuk itu, data yang komprehensif harus benar-benar bisa diwujudkan,” ucapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.